Anies Baswedan Umumkan Dirinya Positif Corona, Ahli Wabah UI: Pejabat Publik Sebaiknya Begitu

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama.Wakil Gubernur, Achmad Riza Patria Foto: Dok. Istimewa

JAKARTA, Saorakyat.com–Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinyatakan positif corona. Hasil ini berdasar swab test PCR yang keluar pada Selasa dini hari (1/12/20). Pada Senin siang (30/11/20),

Gubernur Anies memang telah melaksanakan tes usap PCR di Balai Kota DKI Jakarta.
Anies menyebut, saat ini kondisinya dalam keadaan baik dan tanpa gejala.

“Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis,” ujarnya Selasa pagi (1/12/20).

Dikonfirmasi positif, Gubernur Anies akan tetap bekerja memimpin rapat-rapat virtual dan melakukan isolasi mandiri.

Baca juga: Bupati Luwu Lantik 100 Anggota BPD Abaikan Prokes Covid-19

Sebelumnya, pada Rabu (25/11/20), Gubernur DKI itu juga telah melakukan swab test PCR rutin dan saat itu hasilnya juga negatif. Pada hari Minggu (29/11/20), usai Wagub Riza dinyatakan positif COVID-19.

Gubernur Anies juga sempat melakukan tes usap antigen dan hasilnya negatif. Memang beberapa hari sebelumnya, Gubernur Anies intens bertemu dengan Wakil Gubernur Riza untuk rapat berdua.

Ahli Wabah UI soal Anies Umumkan Positif Corona: Pejabat Publik Sebaiknya Begitu

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan positif corona. Ia langsung mengumumkan statusnya itu ke publik tak lama setelah mendapat konfirmasi dari tim medis.

Anies juga mengimbau masyarakat yang sempat kontak dekat dengannya untuk ke puskesmas. Uji swab agar cepat-cepat bisa mengambil tindakan.

Epidemiolog UI Pandu Riono menyambut positif apa yang dilakukan Anies. Keterbukaan sangat penting di era pandemi.

“Ya, walaupun memberitahu ke publik itu bersifat sukarela, tapi sebagai pejabat publik sebaiknya mengumumkan status bila terinfeksi,” kata Pandu melansir kumparan.com, Selasa (1/12/20).

Bagi Pandu, pejabat harus menjadi teladan. Sebab, masyarakat juga akan lebih aware dengan protokol kesehatan.

“Penting agar COVID-19 tidak perlu distigmakan dan diperlakukan secara diskriminatif oleh siapa pun,” jelas dia.

Anies menyatakan saat ini dia dalam kondisi baik. Dia menjalani isolasi mandiri di rumah dinas di Menteng, Jakpus. Sementara semua anggota keluarganya menetap di rumah pribadi di kawasan Lebakbulus, Jaksel. (asy)

Pos Terbaru

Next Post

Pasukan Khusus Pemburu DPO MIT Poso Tiba di Palu

Sel Des 1 , 2020
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama.Wakil Gubernur, Achmad Riza Patria Foto: Dok. Istimewa JAKARTA, Saorakyat.com–Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinyatakan positif corona. Hasil ini berdasar swab test PCR yang keluar pada Selasa dini hari (1/12/20). Pada Senin siang (30/11/20), Gubernur Anies memang telah melaksanakan tes usap PCR di Balai Kota […]
Animated Social Media Icons by Acurax Responsive Web Designing Company
Visit Us On FacebookVisit Us On PinterestVisit Us On InstagramVisit Us On YoutubeVisit Us On TwitterVisit Us On LinkedinCheck Our Feed