Baloli Jadi Pilot Inkubasi Inovasi Desa

Lutra, Saorakyat.com – Bupati Lutra, H.Indah Putri Indriani menetapkan Desa Baloli, Kecamatan Masamba, sebagai Pilot Inkubasi Inovasi Desa – Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL). Sekaligus desa ini diresmikan sebagai desa wisata.

Ditetapkannya Baloli sebagai desa wisata, setelah adanya program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) PIID-PEL sebesar Rp. 1,1 Milyar

“Semoga ini bisa menjadi inovasi desa lainnya yang ada di Lutra untuk direflikasi di tempat lain melalui dokumentasi. Sehingga bisa jadi show case (percontohan-red) di tempat lain,” sebut bupati perempuan pertama di Sulsel ini, saat meresmikan Baloli sebagai desa wisata, Sabtu(1/2/2020).

Menurut Indah, program PIID-PEL ini dinilai sudah menghasilkan satu aktivitas ekonomi produktif yang bermanfaat di pedesaan. Program ini sekaligus membuka perluasan kesempatan bekerja masyarakat yang ada di Desa Baloli.

“Saya tekankan agar tata kelolah lokasi wisata ini dengan menonjolkan kearifan lokal. Insha Allah kita bakal coba untuk integrasikan dengan desa digital,” pesan Indah Putri

Bupati Indah lebih jauh menjelaskan, untuk keberlanjutan program, ada beberapa tahap yang harus dilakukan pembenahan. Salah satunya menyesuaikan dengan konteks kekinian.

Sekadar diketahui, anggaran bantuan Kemendes tersebut telah dilakukan kegiatan pembangunan Wahana ATV (Alk Terrain Vehicle), Baruga, Kebun Binatang Mini, dan juga MCK untuk menunjang fasilitas di wilayah desa wisata.

Hadir dalam peresmian desa wisata di Baloli, yakni, Sekda Lutra Armiady, Kepala Dinas PMD Misbah dan Kadis Parawisata Yasir Taba, dan Kabag Ops Polres Lutra Kompol Anhar.(yus/*)

Next Post

Disbupar Arung Jeram bersama Jurnalis

Ming Feb 2 , 2020
Lutra, Saorakyat.com – Bupati Lutra, H.Indah Putri Indriani menetapkan Desa Baloli, Kecamatan Masamba, sebagai Pilot Inkubasi Inovasi Desa – Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL). Sekaligus desa ini diresmikan sebagai desa wisata. Ditetapkannya Baloli sebagai desa wisata, setelah adanya program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) PIID-PEL sebesar Rp. […]