Bupati Luwu Optimis Sektor Pertanian Meningkat Menuju ‘Wanua Mappatuo Na Ewai Alena’

Bupati Luwu. Basmin Mattaya menanam perdana menandai dimulainya musim tanam Tahun 2022 di Walenrang Timur. foto: Istimewa

LUWU, Saorakyat.com–Masyarakat di Desa Rantai Damai, Walenrang Timur, mengawali musim tanam Tahun 2022. Tanam padi ini ditandai dengan penanaman perdana oleh Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang, Senin (31/1/2021)

Diawali dengan seremonial, Bupati Luwu dalam sambutannya, berharap dengan tanam padi perdana ini, terbangun optimisme masyarakat Kabupaten Luwu untuk meningkatkan pembangunan sektor pertanian

“Dengan keselarasan agro ekologi yang dimiliki dan inovasi serta pemanfaatan teknologi, kita meningkatkan sektor pertanian yang pada gilirannya masyarakat mencapai kejayaan sesuai dengan motto Kabupaten Luwu, “Wanua Mappatuo Na Ewai Alena” (daerah yang subur dan kaya akan sumber daya alam yang mampu menghidupi dirinya sendiri),” sebut Basmin.

Basmin mengakui, dalam memacu peningkatan produksi, petani diperhadapkan dengan masalah klasik, berupa sarana dan prasarana yang belum memadai. Seperti, masalah irigasi, alat dan mesin pertanian (Alsintan), penyediaan benih unggul serta penyediaan pupuk yang belum sepenuhnya tersedia sesuai kebutuhan petani

“Pemerintah terus berupaya berbenah dan memberi solusi pada setiap permasalahan yang dihadapi petani dengan memberikan perhatian agar pembangunan pertanian dapat lebih maju dan berdaya saing,” sebutnya.

Ketua Gapoktan Sepakat, Yasin dalam laporannya, di Desa Rante Damai yang tergabung dalam Gapoktan Sepakat, memiliki areal persawahan seluas 370,5 hektar, dari 423 KK petani.

Pada kegiatan ini, turut pula hadir Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Anggota DPRD Luwu, Herman Paral dan Kepala Dinas Pertanian Luwu, Albaruddin Picunang dan sejumlah Forkopincam. (jp)

READ  BPKP Perwakilan Sulsel Menilai SPIP Luwu Meningkat