Cara Lindungi Akun WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter dari Hacker

TEKNOsains–Keamanan data pengguna kini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, terutama setelah isu peretasan yang terjadi belakangan ini.

Salah satu fitur keamanan yang saat ini digunakan, yaitu password, belum tentu cukup untuk mengamankan akun dari serangan hacker.

Saat ini di berbagai platform media sosial, sudah banyak tersedia fitur keamanan tambahan yaitu Two Factor Authentication (TFA) untuk meningkatkan keamanan akun. Misalnya saja suatu password pengguna berhasil dibobol oleh hacker, namun ia harus bisa menembus keamanan TFA yang sulit dilakukan.

Bentuk dari fitur TFA biasanya adalah mengirimkan OTP (One Time Password) ke nomor ponsel pengguna. Nomor OTP itu kemudian yang dipakai untuk bisa login ke akun yang dimaksud.Meski sudah lama diterapkan, fitur TFA ini jarang diketahui oleh pengguna. Maka dari itu, kamu bisa lihat daftar aplikasi di bawah ini yang sudah pakai fitur keamanan TFA dan cara mengaktifkannya.

Cara aktifkan TFA di WhatsApp

WhatsApp menamakan fitur keamanan tambahannya sebagai Two Step Verification (TFV) atau verifikasi dua langkah. Fitur ini menjadi andalan WhatsApp dalam mengamankan akun penggunanya. Sudah seharusnya pengguna mengaktifkan fitur ini, karena diklaim bisa mengamankan akun dari percobaan peretasan.

Buat kalian yang masih bingung bagaimana caranya mengaktifkan fitur TFV, bisa simak langkah-langkahnya berikut ini.

Buka aplikasi WhatsApp masuk ke bagian Menu yang ikon titik tiga di pojok kiri atas layar.
Pilih menu “Settings”, lalu masuk ke pilihan “Account”.
Pilih menu “Two Step Verification”, lihat di bagian bawah, lalu klik “Enable”.
Kamu akan diminta memasukkan PIN berupa angka dan juga alamat email untuk verifikasi.Jika mengaktifkan fitur TFV ini, tidak sembarang orang dapat masuk ke akun WhatsApp, karena harus membutuhkan PIN dan verifikasi melalui email.

Apabila, ada orang yang ingin mengakses akun WhatsApp kamu menggunakan perangkat lain, maka akan menerima email verifikasi. Pastikan tidak memberikan mengklik link verifikasi, jika tidak merasa sedang membutuhkan verifikasi WhatsApp.

Cara aktifkan TFA di Instagram

Berbeda dengan WhatsApp, Instagram tetap menggunakan nama yang sama untuk keamanan two factors authentication. Jika kamu mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor, maka akan diminta untuk memasukkan kode login khusus.

Kode tersebut untuk mengonfirmasi percobaan login setiap kali ada orang yang mencoba mengakses Instagram dari perangkat yang tidak dikenali.

Ada beberapa metode autentikasi dua faktor yang bisa digunakan di Instagram, yaitu melalui SMS dan aplikasi autentikasi pihak ketiga (seperti Duo Mobile atau Google Authenticator).Kami menyarankan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Google Authenticator.

Alasannya, pemakaiannya lebih mudah dan aman dibandingkan SMS. Ketika terjadi peretasan menggunakan metode SIM Swapping, maka kode SMS pun akan ikut diketahui peretas.Untuk mengaktifkan TFA melalui Google Authenticator bisa ikuti langkah di bawah ini.
Pastikan kamu sudah menginstal aplikas Google Authenticator dari Play Store.

Buka profil akun Instagram dan ketuk ikon garis tiga di pojok kanan atas layar.
Ketuk “Settings” atau pengaturan.
Ketuk “Security” dan gulir turun untuk mengetuk “two factors authentication”.
Jika kamu belum mengaktifkan autentikasi dua faktor, ketuk “Start”. Lalu, ketuk di samping “Authentication app”, lalu ikuti petunjuk di layar. Masukkan kode konfirmasi dari aplikasi autentikasi pihak ketiga untuk menyelesaikan prosesnya.

Cara aktifkan TFA di Facebook

Facebook juga punya fitur Two Factor Authentication yang membantu melindungi akun kamu selain password. Jika kamu mengatur autentikasi dua faktor, maka akan diminta untuk memasukkan kode login khusus atau mengonfirmasi upaya login setiap kali seseorang mencoba mengakses Facebook dari browser atau perangkat seluler yang tidak dikenali.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan peringatan ketika seseorang mencoba masuk dari browser atau perangkat seluler yang tidak kami kenali.

Teknik Siluet

Facebook juga menyediakan fitur verifikasi melalui SMS dan aplikasi pihak ketiga, seperti Google Authenticator. Kami sarankan kembali untuk menggunakan aplikasi tersebut.
Pastikan kamu sudah menginstal aplikasi Google Authenticator dari Play Store.

Buka halaman depan akun Facebook dan ketuk ikon garis tiga di pojok kanan atas layar.
Ketuk “Settings & Privacy”, kemudian pilih “Settings”.
Ketuk “Security and login”, dan pilih “Use two-factor authentication”.Pastikan kamu memilih “Authentication app” dan ketuk “Continue”. Jika kamu mengatur di perangkat yang sama dengan aplikasi Google Authenticator, pilih “Set up on same device”.Selanjutnya, akan muncul kode dari aplikasi Google Authenticator.

Buka kembali aplikasi Facebook dan masukan kode tersebut. Sekarang akun Facebook kamu sudah aman.

Cara aktifkan TFA di Twitter

Twitter memiliki fitur keamanan Two Factor Authentication (TFA) yang bisa diaktifkan untuk mengamankan akun saat login. Pengguna juga bisa mengaktifkan lapisan keamanan tambahan dengan mengirimkan One Time Password (OTP) ke ponsel berupa pesan SMS.

Untuk mengaktifkannya bisa ikuti langkah di bawah ini.
Klik gambar profil untuk memunculkan menu, klik “More”, lalu klik “Settings and privacy”.
Klik pada pengaturan “Account” dan klik “Security”.

Ketuk “Two factor authentication”. Ada tiga metode untuk dipilih: Pesan teks, aplikasi autentikasi, atau Kunci keamanan. Seperti rekomendasi di awal, pakai aplikasi autentikasi Google Authenticator atau yang lainnya.

Untuk mengaktifkan autentikasi Google Authenticator, klik kotak centang di sebelah aplikasi autentikasi. Baca petunjuk, lalu klik Mulai.

Jika diminta, masukkan password dan klik Verifikasi. Kamu akan diminta untuk menautkan aplikasi autentikasi ke akun Twitter dengan memindai kode QR. Setelah Anda memindai kode QR, klik Next. Masukkan kode yang dihasilkan oleh aplikasi autentikasi Anda, lalu klik Verifikasi. Kamu akan melihat layar konfirmasi. Klik Got it untuk menyelesaikan pengaturan.(**)

Next Post

BIN Gelar Rapid Test Kedua Kalinya di Kawasan MRT Blok M

Jum Mei 8 , 2020
TEKNOsains–Keamanan data pengguna kini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, terutama setelah isu peretasan yang terjadi belakangan ini. Salah satu fitur keamanan yang saat ini digunakan, yaitu password, belum tentu cukup untuk mengamankan akun dari serangan hacker. Saat ini di berbagai platform media sosial, sudah banyak tersedia fitur keamanan tambahan […]