Dansat Brimob Polda Sulsel Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mako Batalyon D di Bua

LUWU, SAORAKYAT– Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulawesi Selatan, Kombes Pol. Heru Novianto, S.I.K, M.Han melakukan peletakan batu pertama pembangunan Markas Komando (Mako) Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Sulsel yang teletak di Desa Tiromanda Kecamatan Bua, Selasa 25 Juli 2023.

Peletakan batu Pertama disaksikan oleh Bupati Luwu, Dr. Drs. H Basmin Mattayang, MPd, Walikota Palopo, HM. Judas Amir, Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Dandim 1403/Palopo, Letkol. Inf. Apriadi Nidjo, Kapolres Luwu Timur, AKBP. S. Simamora, unsur forkopimda Kabupaten Luwu serta jajaran Polres se Luwu Raya.

Dalam sambutannya, Kombes Pol. Heru Novianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung pembangunan Mako Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Sulsel di Kabupaten Luwu

“Dengan terlaksananya peletakan batu pertama ini, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada bapak Bupati Luwu beserta jajaran Pemkab Luwu dan masyarakat yang menyediakan lahan untuk pembangunan Mako Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Sulsel di Desa Tiromanda Kecamatan Bua,” tutur Kombes Pol. Heru Novianto

Dijelaskannya, dengan kehadiran Mako Batalyon D Pelopor ini, para personil yang tergabung dalam empat kompi dapat melaksanakan tugas lebih profesional, khususnya dalam penanganan masalah terkait konflik kemanusiaan, bencana alam dan lain sebagainya.

“Sebentar lagi kita akan menghadapi agenda nasional, yakni Pilpres dan pemilukada serentak, sehingga dengan bekerja secara profesional akan meningkatkan citra Polri ditengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Heru Novianto juga mengungkapkan untuk tahap awal, pembangunan mako dimulai dengan membangun rumah dinas Danki type 45, pembangunan rusun/flat, dan pembangunan Barak Siaga Type 180.

Sebelumnya, Bupati Luwu, H Basmin Mattayang dihadapan para tamu undangan menceritakan kronologi sehingga ditetapkannya lahan yang berada didesa Tiromanda menjadi Mako Batalyon D Pelopor.

READ  Husler Bagi-bagi Masker di Pasar Tradisional Malili

“Perintisannya dimulai pada tahun 2020 dimana sebelumnya tanah yang kita tentukan ada di wilayah Walmas, namun setelah dilakukan berapa kali survei lokasi akhirnya lahan di Desa Tiromanda ini ditetapkan menjadi lokasi Mako,” jelas H Basmin Mattayang

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dipilihnya wilayah Kabupaten Luwu sebagai Mako Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Sulsel.

“Kecamatan Bua ini berpotensi menjadi kota besar karena didukung dengan fasilitas Bandara yang sudah tentu juga akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi, sehingga atas nama pemerintah daerah, saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kehadiran Mako disini untuk mengantisipasi meningkatnya kerawanan sebagai dampak dari perkembangan di Kecamatan Bua nantinya,” ucap H Basmin Mattayang.

Usai melakukan peletakan batu pertama, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Kombes Pol. Heru Novianto dan diakhiri dengan penanaman pohon disekitar lokasi Mako Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Sulsel. (*)

.