DPR Minta Kapolri Usut soal Surat Jalan Sakti Djoko Tjandra

DPR menunjukan Surat Sakti Djoko Chandra. Foto: istimewa

JAKARTA, Saorakyat.com–Misteri soal leluasanya Djoko Tjandra masuk dan keluar Indonesia mulai terungkap dari foto surat jalan yang dikeluarkan suatu instansi untuk buronan Kejaksaan Agung itu.

Menyoal surat sakti itu, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta aparat penegak hukum untuk segera mengonfirmasi apakah surat jalan tersebut valid atau tidak.

“Kalau Jaksa Agung bilang belum tahu, kita kasih kesempatan untuk meneliti apakah benar surat itu dikeluarkan oleh institusinya dan siapa yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan kalau betul,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (15/7/20).

Dasco pun menyebut Djoko Tjandra sebagai orang yang sakti, karena dapat dengan leluasa keluar masuk Indonesia. Bahkan bisa mendapatkan surat jalan untuk berpergian. Ia pun mendesak surat jalan tersebut segera diusut.

Surat jalan yang diduga diberikan kepada Djoko Tjandra. Foto: Dok. Istimewa

“Kalau memang ada dari Kejaksaan, kita kasih waktu Jaksa Agung untuk meneliti. Kalau tadi dibilang ada surat jalan dari Kepolisian, ya kita minta Kapolri cek benar enggak. Jangan-jangan semua surat itu dibikin-bikin, kan kita enggak tahu,” pungkasnya.

Baca Juga: Ancam Ledakkan Bom, Pria Asal Masamba Ditangkap Polisi

Diketahui, Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) mendapatkan informasi berupa foto surat jalan yang dikeluarkan suatu instansi untuk Djoko Tjandra. Surat tersebut digunakan keluar dari Indonesia melalui Pontianak.

“Dalam surat jalan tersebut tertulis Djoko Tjandra; sebagai Konsultan dan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Pontianak dengan keberangkatan tanggal 19 Juni 2020 dan kembali tanggal 22 Juni 2020. Angkutan yang dipakai adalah pesawat,” kata koordinator MAKI Boyamin Saiman, dalam keterangannya, Senin (13/7/20).

Kabareskrim Mabes Polri Komjen Listyo Sigit sudah memberi tanggapan soal surat yang beredar ini. Dia langsung memerintahkan Div Propam untuk melakukan pengusutan.(asy)

Next Post

Kapolri Copot Jabatan Brigjen Prasetijo Utomo Terkait Penerbitan "Surat Sakti" Buronan Djoko Tjandra

Rab Jul 15 , 2020
DPR menunjukan Surat Sakti Djoko Chandra. Foto: istimewa JAKARTA, Saorakyat.com–Misteri soal leluasanya Djoko Tjandra masuk dan keluar Indonesia mulai terungkap dari foto surat jalan yang dikeluarkan suatu instansi untuk buronan Kejaksaan Agung itu. Menyoal surat sakti itu, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta aparat penegak hukum untuk segera mengonfirmasi […]