Festival Pangan Lokal Non Beras Warnai Perayaan Hari Perempuan Internasional

Lutra, Saorakyat.com–Perayaan Hari Perempuan Internasional diwarnai dengan festival pangan lokal non beras. Acara tersebut diikuti beberapa daerah di Tana Luwu yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Lutra, Masamba, Rabu(11/3/20).

Bupati Lutra, Indah Puteri Indriani mengapresiasi festival pangan lokal non beras. Kata dia, upaya ini yang sangat strategis dalam mempercepat penganeka ragaman konsumsi pangan berbasis B2SA, yaitu beragam, bergizi, seimbang dan aman.

“Kita ingin mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pangan lokal yang tumbuh disekitar kita yang menjadi sumber pangan B2SA,” ujar Indah

Baca: Kampanye International Women’s Day Resmi Dibuka Bupati Lutra

Menurutnya, makanan bergizi dan seimbang yang diolah dengan bahan pangan lokal, jangan dianggap sesuatu yang murahan.

“Karena pangan lokal jika diolah sedemikian rupa dapat menghasilkan menu yang beraneka ragam dan rasa yang tidak kalah serta bisa mengobati penyakit,” katanya.

Adanya kegiatan tersebut, lanjut Indah diharapkan mampu memberikan dorongan masyarakat untuk melakukan diversifikasi makanan dengan mengurangi ketergantungan bahan pangan tertentu seperti beras dan bahan pangan impor.

“Maka itu masyarakat perlu terus diberikan pemahaman dan diarahkan untuk menerapkan pola konsumsi beragam, bergizi, dan aman,” kunci Bupati Indah.

Masamba Juara I Festival Pangan Lokal Non Beras

Kecamatan Masamba berhasil menjadi yang terbaik pada Festival Pangan Lokal Non Beras. Disusul Sukamaju Selatan juara II dan Rampi juara III.

Aneka olahan pangan lokal non beras disajikan oleh seluruh peserta. Kecamatan Masamba menyajikan minuman pencegah virus korona.

Selain itu, Masamba juga menyajikan rendang jengkol dan semur jengkol.

“Alhamdulillah, akhirnya Masamba mendapat juara I Festival Pangan Non Beras,” kata Ketua TP-PKK Kecamatan Masamba, Ny. Andi Cece Ajie Saputra.

Capaian ini, kata dia, berkat kerjasama dan kekompakan para ibu PKK yang terlibat dalam kegiatan ini. Pun berharap agar capaian bisa terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

Sekda Armiady didampingi Kadis Ketahanan Pangan Alauddin Sukri menyerahkan piala kepada para pemenang. (lh/sr)

Next Post

Walah...! Bupati Ini Serukan Bubarkan BPJS Kesehatan

Kam Mar 12 , 2020
Lutra, Saorakyat.com–Perayaan Hari Perempuan Internasional diwarnai dengan festival pangan lokal non beras. Acara tersebut diikuti beberapa daerah di Tana Luwu yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Lutra, Masamba, Rabu(11/3/20). Bupati Lutra, Indah Puteri Indriani mengapresiasi festival pangan lokal non beras. Kata dia, upaya ini yang sangat strategis dalam mempercepat penganeka […]