Google Resmi Buka Data Center di Indonesia, Apa Manfaatnya?

Ilustrasi data center. Foto: Akela999 via Pixabay

JAKARTA, Sorakyat.com–Google resmi mengoperasikan data center pertamanya di Jakarta, Rabu (24/6). Ini merupakan data center Google Cloud kedua yang beroperasi di Asia Tenggara setelah Singapura.

Google Cloud adalah platform layanan komputasi awan yang ditawarkan oleh Google. Platform ini berjalan di atas infrastruktur yang sama yang digunakan oleh Google untuk produk internalnya, seperti Google Search, YouTube dan Gmail.

Kehadiran data center di Jakarta ini pun akan membantu pelanggan dan calon pelanggan baru dalam memanfaatkan teknologi Google Cloud untuk mengembangkan bisnis mereka secara digital. Sebabnya, lokasi data center yang lebih dekat tentu akan memangkas waktu latensi atau jeda proses waktu dalam menggunakan layanan Google Cloud.

Baca Juga: Selamatkan Pertanian, DPR Dukung Penambahan Anggaran Kementan

Melalui data center di Jakarta, Google Cloud setidaknya memberikan lima layanan, yang terdiri dari komputasi, database, storage dan keamanan, big data, dan networking.

“Misi kami sebagai Google Cloud adalah membantu organisasi mempercepat transformasi mereka dengan menerapkan teknologi digital,” kata CEO Google Cloud,

“Kami menyediakan infrastruktur, platform, dan rangkaian solusi khusus industri guna membantu organisasi dengan transformasi digital,” Thomas Kurian, dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/6/20).

Kurian menambahkan, pihaknya juga telah bekerja sama dengan pemerintah untuk membangun sumber daya manusia yang siap dengan layanan cloud.

Baca Juga: Indonesia Dihantam Corona: Pengangguran 12 Juta Orang, Kemiskinan Bisa Capai 28 Juta

Dia mengklaim bahwa pihaknya telah memberikan 150.000 laboratorium pelatihan langsung di Indonesia tahun ini, akses gratis ke sesi pelatihan Google Cloud, kredit, dan berbagai inisiatif kesiapan karier.

“Saya meyakini bahwa kolaborasi antara pemerintah, lembaga-lembaga negara, dunia usaha, perguruan tinggi, masyarakat sipil, dan seluruh pemangku kepentingan adalah kunci dalam akselerasi, transformasi digital Indonesia,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, menanggapi kerja sama dengan Google Cloud, dalam kesempatan yang sama.

Keberadaan data center Google Cloud pun disambut baik oleh pelaku bisnis yang ingin mengembangkan layanan digital mereka. Menurut Direktur Digital Teknologi Informasi dan Operasi Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Indra Utoyo, misalnya, data center Google di Jakarta bakal semakin membantu layanan yang diberikan pihaknya untuk lebih mudah menjangkau nasabah.

Baca Juga: Kementan Terbitkan Rekomendasi dalam Kegiatan Kurban di Masa Pandemi Covid-19

“Saat ini, kami menggunakan Apigee, Google Maps Platform API, dan Cloud Vision untuk pengembangan produk,” kata Indra. “Dengan pendekatan hybrid, on-cloud, dan on-premise, baik Google maupun BRI menempatkan keamanan data di prioritas tertinggi.

Peluncuran Google Cloud Region di Jakarta mempertegas komitmen Google dan akan membantu kami dalam menjangkau nasabah dengan lebih baik lagi.

Di Indonesia sendiri, sejumlah perusahaan besar telah menggunakan layanan Google Cloud Platform. Beberapa perusahaan tersebut di antaranya adalah Blue Bird Group, CT Corp, XL Axiata, Sale Stock, Gojek, Emtek, Tokopedia, dan Traveloka. (rd/kumparanTECH)

Next Post

Camat Ponsel Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Sarana Olahraga

Rab Jun 24 , 2020
Ilustrasi data center. Foto: Akela999 via Pixabay JAKARTA, Sorakyat.com–Google resmi mengoperasikan data center pertamanya di Jakarta, Rabu (24/6). Ini merupakan data center Google Cloud kedua yang beroperasi di Asia Tenggara setelah Singapura. Google Cloud adalah platform layanan komputasi awan yang ditawarkan oleh Google. Platform ini berjalan di atas infrastruktur yang […]