HUT Belopa ke-15 Diperingati Melalui Sidang Paripurna

Suasana Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu, kali ini diperingati melalui sidang paripurna di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD, Belopa, Sabtu (13/2/2021). –Foto: istimewa–

LUWU, Saorakyat.com– Lantaran pandemi Covid-19, Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu, kali ini diperingati melalui sidang paripurna di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD, Belopa, Sabtu (13/2/2021)

Dengan menerapkan protokol kesehatan, undangan dibatasi hanya 60 orang. Sementara undangan lainnya mengikuti seluruh rangkaian acara melalui virtual zoom meeting.

“Berdasarkan hasil rapat badan musyawarah tanggal 1 Februari 2021, disepakati peringatan hari jadi ke-15 Belopa sebagai Ibukota Kabupaten Luwu, dilaksanakan dengan rapat paripurna,” kata Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali mengawali sidang paripurna.

Bupati Luwu, H Basmin Mattayang saat memberikan sambuta pada HUT Belopa ke-15. –Foto: Isitimewa–

Sementara itu, Bupati Luwu, H Basmin Mattayang dalam sambutannya menggambarkan pemaknaan secara jernih terhadap hakekat Hari Jadi Belopa sebagai Ibukota Kabupaten Luwu

“Hakekat Hari Jadi Belopa sebagai Ibukota Kabupaten Luwu adalah suatu manifestasi kewilayahan di Tanah Luwu yang telah memberikan sumber kehidupan sesuai Motto ‘Wanua Mappatuo Naewai Alena’, artinya apa saja yang ditanam di Tanah Luwu ini akan tumbuh subur sebagai sumber kehidupan dan kemakmuran rakyat,” ujar Basmin

Basmin mengatakan, Kabupaten Luwu memiliki potensi yang cukup besar, mulai dari sektor pertambangan, pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan hingga perikanan dan kelautan yang terbentang luas.

“Ucapan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan atas sinergitas dan perhatian kepada masyarakat kabupaten Luwu,” sebut Basmin

Basmin memberikan ucapan itu atas dasar perhatian Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan telah membuka keterisolasian masyarakat di Kecamatan Bastem Utara, Walenrang Barat dan Latimojong dengan membangun infrastruktur jalan dan jembatan.

READ  Husler: Hari Ini, Paket Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19 Dibagi

Dalam kesempatan ini pula, Pemerintah Kabupaten Luwu mendapatkan bantuan dana CSR dari Bank Sulsel Cabang Belopa senilai Rp 496 Juta yang diperuntukkan untuk pembangunan Ruang Taman Hijau (RTH) Kota Belopa.

Turut hadir dalam rapat paripurna, Kapolres Luwu, Dandim 1403/SWG, Kajari Luwu, Ketua Pengadilan Negeri Belopa, Ketua pengadilan Agama dan jajaran Pemkab Luwu.(jp)