Indah Tegaskan Dana Desa Tahap Pertama Prioritas untuk Penanganan Covid-19

Lutra, Saorakyat.com — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menegaskan, pemanfaatan dana desa tahap pertama dengan sistem Padat Karya Tunai (PKT) harus mengedepankan kegiatan pencegahan Covid-19.

Hal ini ditegaskan Indah Putri Indriani saat menggelar rapat melalui video conference (vicon) bersama Kadis PMD Misbah, para Camat dan para Tenaga Ahli P3MD, Selasa (14/4/20) dari ruang kerjanya.

Bupati Indah mengatakan, pemanfaatan dana desa tahap pertama mengacu Surat Edaran Menteri Desa PDTT Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai (PKT) Desa serta Surat Edaran Gubernur Nomor 443.2/2168/PMD tanggal 27 Maret 2020 tentang Pedoman Covid-19 dan PKT Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga:

Untuk Surat Edaran Menteri Desa PDTT dan Surat Edaran Gubernur kata dia, sudah tindaklanjuti dengan menerbitkan Surat Sekretaris Daerah Nomor: PP/140/219/DPMD/LU/2020 tanggal 24 Maret 2020 dan Surat Sekretaris Daerah Nomor: 045.2/229/DPMD/2020 tanggal 30 Maret 2020 sebagai tindaklanjut surat edaran tersebut

“Kegiatan itu bisa dalam bentuk penyemprotan disinfektan, melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat desa akan bahaya Covid-19,” ujarnya.

Pemanfaatan lainnya lanjut Indah, bisa digunakan untuk pembuatan poster dan baligho, pembelian cairan pembersih, fasilitasi data valid, penyaluran sosial safety need, sosialisasi physical distancing dan social distancing, isolasi parsial, pendataan pergerakan warga yang masuk ke desa.

“Jangan lupa juga, laporkan ke satgas terdekat jika ada warga yang masuk ke wilayah kita,” tutup Indah (mr/lh/as)

Next Post

Persakmi Lutra Sosialiasi dan Edukasi Pencegahan Covid-19

Rab Apr 15 , 2020
Lutra, Saorakyat.com – – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menegaskan, pemanfaatan dana desa tahap pertama dengan sistem Padat Karya Tunai (PKT) harus mengedepankan kegiatan pencegahan Covid-19. Hal ini ditegaskan Indah Putri Indriani saat menggelar rapat melalui video conference (vicon) bersama Kadis PMD Misbah, para Camat dan para Tenaga Ahli […]