Kantor Dinkes Sulsel Terbakar, Data Covid-19 Diduga Ikut Hangus

Kantor Dinkes Sulsel Terbakar, Data Covid-19 Diduga Ikut Hangus. Kamis (30/7/20) pagi. [istimewa]

MAKASSAR, Saorakyat.com–Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terbakar hebat, Kamis (30/7/20) pagi. Diduga data Covid-19 yang tersimpan di gedung itu ikut hangus.

Peristiwa ini terjadi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, pukul 05.34 WITA.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Muhammad Ichsan Mustari belum mengetahui secara pasti mengenai barang-barang yang terbakar di lantai dua gedung tersebut.

“Belum tahu barang apa saja yang terbakar. Kalau saya liat yang terbakar itu ruangan perencanaan, keuangan dan farmasi,” kata Ichsan kepada wartawan, Kamis (30/7/20).

Baca Juga: Syahrul Yasin Limpo Kunjungi Pengungsi Korban Banjir Bandang Luwu Utara

Saat ditanya apakah data Covid-19 di gedung tersebut juga ikut terbakar, Ichsan belum bisa memastikan.

“Saya sementara mengindetifikasi gedung yang terselamatkan, sambil staf mencoba mengidetifikasi barang-barang apa saja terbakar. Soal itu (data Covid-19) belum diketahui, tapi memang ada dokumen di ruangan itu,” jelas Ichsan.

Tak Ada Korban Jiwa

Kabid Ops Damkar Makassar, Hasanuddin mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima, kebakaran hebat di Kantor Dinas Kesehatan Sulsel tersebut terjadi pukul 05.34 WITA tadi.

Menindaklanjuti laporan, petugas Damkar Makassar bergegas mendatangi lokasi kejadian. Petugas tiba di lokasi pukul 05.38 WITA.

“Jumlah armada 30 unit, kekuatan personil 100 orang,” kata Hasanuddin melalui keterangannya yang dilansir melalui Suara.com

Api baru berhasil dipadamkan pukul 08.00 WITA, setelah petugas melakukan penyemprotan ke seluruh bagian Gedung Dinas Kesehatan Sulsel yang terbakar.

Baca Juga: Basmin Minta Masyarakat Waspada Ancaman Banjir

“Korban jiwa nihil, dugaan sementara kebakaran belum diketahui,” tutup Hasanuddin.

Kanit Reskrim Polsek Tamalanrea Iptu Muhalis menjelaskan dari hasil penyelidikan sementara, api pertama kali terlihat oleh petugas kebersihan kantor sekitar pukul 05.00 WITA.

“Langsung berteriak ada asap, sehingga saksi dua rekannya langsung menghubungi dinas pemadam kebakaran,” kata Muhalis.

Dari kejadian ini, kata dia, sejumlah ruangan hangus terbakar. Salah satunya adalah ruangan tempat penyimpanan data di lantai dua gedung tersebut.

Sementara kerugian akibat musibah itu belum bisa ditafsirkan.

“Belum bisa dipastikan berapa, dan apa saja di gedung itu (yang) terbakar. Penyebabnya pun masih dilakukan penyelidikan, karena yang terbakar itu gedung utama” kata dia.

Saat ini, polisi masih melakukan olah TKP dengan menurunkan tim Laboratorium Forensik untuk mencari tahu penyebab kebakaran di Kantor Dinas Kesehatan Sulsel.

“Belum ada yang bisa disimpulkan, tim labfor masih melakukan olah TKP. Soal ada unsur kesegajaan atau tidak, belum bisa dipastikan, karena masih proses penyelidikan,” tutup Muhalis.(asy)

Next Post

Menteri Muhajir Effendy Dijadwalkan Imam dan Khatib Salat Iduladha di Masamba

Kam Jul 30 , 2020
Kantor Dinkes Sulsel Terbakar, Data Covid-19 Diduga Ikut Hangus. Kamis (30/7/20) pagi. [istimewa] MAKASSAR, Saorakyat.com–Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terbakar hebat, Kamis (30/7/20) pagi. Diduga data Covid-19 yang tersimpan di gedung itu ikut hangus. Peristiwa ini terjadi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, pukul […]