Kapolres Luwu: OPAL Potensial Dijadikan Obyek Wisata Pangan

Luwu, Saorakyat.com–Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto takjub terhadap program Obor Pangan Lestari (OPAL) yang diparaksai TP PKK Luwu kerjasama Dinas Ketahanan Pangan Luwu.

Fajar Dani mengatakan, OPAL ini sangat potensial menjadi objek wisata pangan di Luwu. Apalagi kalau dikelolah lebih profesional.

“Saya kagum melihat hasil karya TP PKK Luwu melalui program menanam sayuran. Saya yakin jika OPAL ini dikelola secara profesional dan berkelanjutan maka ke depannya akan jadi obyek Wisata Pangan di Luwu,” kata AKBP Fajar Dani Susanto saat bertandang ke sekretariat TP PKK Luwu di Senga, Belopa baru-baru ini.

Bersama Ketua Bhayangkari dan rombongan, Kapolres Luwu, disambut Ketua TP PKK Luwu, Hj. Hayarna Basmin didampingi sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten, Hj Rahmatia.

Hj. Hayarna mengajak Fajar Dani Susanto beserta istrinya melihat langsung Obor Pangan Lestari (OPAL). Kesempatan itu sekaligus memanen sayuran segar yang ditanam secara konvensional maupun melalui media hidroponik.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Luwu, Hj. Rahmatia mengatakan, OPAL yang dibuat di halaman Kantor TP PKK Luwu ini merupakan program pemerintah yang bermitra dengan TP PKK Luwu

“Ini atas prakarsa ibu Ketua TP PKK Luwu, OPAL bisa dibangun untuk pemenuhan kebutuhan pangan sebagai tujuan jangka pendek. Pula memberikan contoh pemanfaatan lahan perkantoran untuk penyedia pangan,” ujar Hj. Rahmatia

Lanjut Hj. Rahmatia, dengan melihat contoh tersebut masyarakat juga dapat memanfaatkan pekarangannya untuk menyediakan kebutuhan pangan bagi keluarganya.

“Harapan kita masyarakat dapat pula memanfaatkan pekarangannya agar meningkatkan penyediaan sumber pangan keluarga yang beragam, bergizi, seimbang dan aman,” urainya.

Selain itu kata dia, untuk meningkatkan kualitas konsumsi masyarakat, meningkatkan pendapatan rumah tangga dan meningkatkan akses pangan keluarga di Luwu. (sr)

Next Post

Bupati Luwu Lantik Dua Kades dan 54 Anggota BPD

Sen Mar 9 , 2020
Luwu, Saorakyat.com–Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto takjub terhadap program Obor Pangan Lestari (OPAL) yang diparaksai TP PKK Luwu kerjasama Dinas Ketahanan Pangan Luwu. Fajar Dani mengatakan, OPAL ini sangat potensial menjadi objek wisata pangan di Luwu. Apalagi kalau dikelolah lebih profesional. “Saya kagum melihat hasil karya TP PKK Luwu […]