Kejari Tahan Tiga ASN Dinas Pertanian Lutra dan Sita Uang Senilai Rp300 Juta

Uang senilai Rp300 juta yang disita Kejari Lutra dari tiga orang tersangka. Foto: Saorakyat/ys.

LUTRA, Saorakyat.comKejaksaan Negeri Luwu Utara (Kejari Lutra) Sulsel menahan tiga tersangka dana bantuan untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kecamatan Mappedeceng.

Tiga tersangka antaralain, YFA, BS dan HS Kini ketiganya sudah dalam tahanan Kejari Masamba, Lutra.

Mereka diduga korupsi dana bantuan padat karya produktif infrastruktur dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian di Dinas Pertanian Lutra Tahun Anggaran 2020.

“Sudah kita tahan tiga orang tersangka korupsi dana bantuan untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kecamatan Mappedeceng sejak, Rabu (24/2/2021),” kata kata Kejari Lutra Haedar di Kantor Kejari Masamba, Kamis, (25/2/2021).

Haedar menjelaskan, berdasar pengembangan penyidikan dugaan korupsi. dana tersebut dipotong 35 persen dari setiap kelompok tani.

Kakejari Lutra berpose bersama personilnya di Halaman Kantor Kejari, Lutra, Masamba. Foto: Istimewa

“Di Desa Sumber Wangi dan Sumber Harum telah mengakui memberikan uang sebesar 35 persen kepada fasilitator kelompok tani, atas perintah dan petunjuk dari oknum pada Dinas Pertanian Lutra dan oknum fasilitator Gapoktan,” sebut Haedar.

Dari persentase itu, lanjut Haedar, Kejari Lutra telah mengamankan uang tunai Rp300 Juta. Bahkan kemungkinan masih bertambah jumlahnya.

Haedar menyebutkan, potongan 35 persenitu, untuk biaya Administrasi, ATK. Padahal kata dia, dalam petunjuk teknis kegiatan biaya administrasi dan ATK hanya 3 persen dari anggaran yang telah diberikan.

“Lebih spesifiknya, dugaan korupsi ini juga mengarah ke pejabat terkait di Pemda Lutra yang mengetahui perjalanan bantuan proyek yang dicairkan 100 persen ini,” tutupnya.(ys/jp)

Next Post

Klaim Aktif Operasi Yustisi Prokes, Tapi Kasus Positif Covid-19 Kian Bertambah di Lutra

Kam Feb 25 , 2021
Uang senilai Rp300 juta yang disita Kejari Lutra dari tiga orang tersangka. Foto: Saorakyat/ys. LUTRA, Saorakyat.com—Kejaksaan Negeri Luwu Utara (Kejari Lutra) Sulsel menahan tiga tersangka dana bantuan untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kecamatan Mappedeceng. Tiga tersangka antaralain, YFA, BS dan HS Kini ketiganya sudah dalam tahanan Kejari Masamba, Lutra. […]
Plugin for Social Media by Acurax Wordpress Design Studio
Visit Us On FacebookVisit Us On PinterestVisit Us On InstagramVisit Us On YoutubeVisit Us On TwitterVisit Us On LinkedinCheck Our Feed