Kementerian PUPR Akan Bangun Jembatan Gantung di Lokasi Longsor Palopo

Tanah longsor di Palopo menyebabkan jalan terputus. Foto: –Dok.Istimewa–

JAKARTA, Saorakyat.com–Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, meninjau langsung ruas jalan Kota Palopo-Rantepao yang longsor, tepatnya di Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Palopo, Sulawesi Selatan, Minggu (28/6/20).

Dalam kunjungannya itu, Menteri Basuki menegaskan pihaknya akan secepatnya melakukan penanganan darurat mengingat ruas jalan tersebut menjadi jalur utama yang menghubungkan Palopo dan Tana Toraja.

Menurut Basuki, Kementerian PUPR akan membangun jembatan gantung untuk orang dan kendaraan roda dua sebagai penanganan darurat agar warga tidak terisolir. Selanjutnya, Kementerian PUPR akan membangun jembatan rangka baja untuk penanganan permanen.

Warga berusaha menggotong kendaraan roda dua diruntuhan tanah longsor, Battang, Palopo. foto: -net ist-

“Saya akan evaluasi lebih rinci hasil kajian teknis tim Ditjen Bina Marga yang sudah berada di lokasi sejak hari ini (Minggu, 28/6/20) di bawah supervisi Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah II,” ujar Basuki, melalui keterangan tertulisnya melansir kumparan.com

Usai longsor pada Jumat (26/6/20), Kementerian PUPR langsung menerjunkan alat berat berupa eskavator dan mobil dump truck untuk membersihkan material longsoran yang menutup badan jalan yang menghubungkan Palopo dan Toraja tersebut.

Baca Juga: Bencana Hidrometeorologi Masih Terjadi Jelang Akhir Juni 2020

Jalur ini merupakan jalur vital pergerakan orang dan logistik yang menghubungkan kota pelabuhan Palopo dengan pusat produksi pertanian yang ada di Toraja.

Sebelumnya, ruas jalan ini longsor pada Jumat (26/6/20) yang menyebabkan 9 rumah warga tergerus material longsoran. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun memutus akses jalan Palopo-Toraja. BPBD dan kepolisian setempat sudah memasang rambu peringatan dan larangan melintas di ruas jalan tersebut.(as/*)

Next Post

Ancaman Reshuffle Dinilai Ajang Jokowi Cari Kambing Hitam dan Basa Basi

Sen Jun 29 , 2020
Tanah longsor di Palopo menyebabkan jalan terputus. Foto: – Dok.Istimewa– JAKARTA, Saorakyat.com–Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, meninjau langsung ruas jalan Kota Palopo-Rantepao yang longsor, tepatnya di Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Palopo, Sulawesi Selatan, Minggu (28/6/20). Dalam kunjungannya itu, Menteri Basuki menegaskan pihaknya akan secepatnya […]