KPU Sulsel Bimtek Silon di Lutra

Lutra, Saorakyat.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel, Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Sistem Informasi Pencalonan (Silon) kepada Komisi Pemihan Umum Daerah (KPUD) yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 12 kabupaten/kota se Sulsel.

Kali ini, giliran KPUD Lutra diberikan mekanisme pencalonan untuk perseorangan yang dilaksanan sejak, Senin 3 Februari hingga 5 Februari, di Masamba.

“Bimtek ini kita utamakan soal sistem pencalonan untuk calon perseorangan,” ujar Asram Jaya, Komisioner KPU Sulsel pada media ini, Selasa (4/2/2020).

Komisioner Bidang Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu KPU Sulsel ini mengatakan, Bimtek ini, mengajarkan seluruh perangkat di KPU se-Sulsel tentang tata cara pencalonan.
Kemudian, teknis penggunaan aplikasi Silon pada Pilkada serentak.

Menurut Asram Jaya, aplikasi Silon dapat meminimalisir atau bahkan meniadakan data ganda. Selain melalui aplikasi Silon, verifikasi faktual juga akan dilaksanakan oleh KPU.

“Nanti mereka meng-input satu persatu nama pendukung calon dalam aplikasi. Nah, nantinya setelah data masuk semua, lalu di-print seluruh inputannya untuk disampaikan kepada kami. Dipastikan, tidak akan ada data ganda lagi,” ungkapnya.

Lanjut Asram, begitupula sosialisasi kepada pasangan calon. Harus disampaikan dan dikoordinasikan. Meskipun pengumuman sudah lebih dahulu disampaikan sebelumnya. Terutama, bagi calon perseorangan yang memang benar-benar akan maju mencalonkan diri. Pencalonan akan dimulai tanggal 19-23 Februari 2020.

Asram jauh menjelaskan, para calon harus mengutus Liaison Officer (LO) mendalami apa yang harus mereka lakukan untuk memenuhi syarat pencalonan yang diminta dalam Silon.

“Seperti, perlengkapan syarat jumlah minimal dukungan. Sebaran calon perseorangan. Data calon dan dukungan dari masyarakat sesuai dengan ketentuan. Serta pencalonan dari Partai Politik dan pendaftaran calon,”tuturnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut anggota KPU Provinsi Sulsel, divisi data, Uslimin, divisi teknis Asram Jaya, para sekretariat KPU Provinsi, Polres Lutra dan Ketus KPU Lutra Syamsul Bachri.(yus/*)

Next Post

SD Buntu Kamiri Terapkan Sholat Berjamaah

Rab Feb 5 , 2020
Lutra, Saorakyat.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel, Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Sistem Informasi Pencalonan (Silon) kepada Komisi Pemihan Umum Daerah (KPUD) yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 12 kabupaten/kota se Sulsel. Kali ini, giliran KPUD Lutra diberikan mekanisme pencalonan untuk perseorangan yang dilaksanan sejak, Senin […]