Lima Kecamatan Terendam Banjir di Kota Makassar

Wakil Gubernur Sulsel meninjau lokasi banjir di Kota Makassar, Minggu (20/12/20) untuk memastikan ketersedian pangan dan kesehatan terlayani dengan baik. –Foto:Istimewa–

MAKASSAR, Saorakyat.com–Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) dilanda banjir setinggi pinggang orang dewasa mengakibatkan ratusan rumah terendam di lima kecamatan

Wilayah yang terendam banjir adalah Kecamatan Tamalanrea, Kecamatan Tamalate, kecamatan Biringkanaya, Kecamatan Manggala dan Kecamatan Panakkukang.

“Ada 12 kelurahan yang terdampak dari 5 kecamatan ini. Lokasi terparah ada di Biringkanaya dan Manggala,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Kota Makassar, Khaeruddin, Minggu (20/12/20).

Khaeruddin mengatakan, Tim rescue bersama PMI, Damkar dan potensi SAR lainnya, masih melakukan evakuasi di sejumlah titik. Saat ini, ketinggian air sudah mencapai pinggang orang dewasa.

“Awalnya hanya setinggi betis, sekarang sudah di pinggang dan sudah masuk ke rumah. Kami sudah dua hari melakukan evakuasi,” cetusnya.

Warga yang dievakuasi saat ini sudah mencapai ratusan jiwa. Mereka dievakuasi ke masjid terdekat yang tidak berdampak.

“Yang diprioritaskan adalah anak-anak, wanita dan warga lanjut usia. Kami juga terus berkoordinasi dengan Dinsos dan Dinkes untuk kebutuhan pangan dan pengobatan bagi warga yang sakit,” tuturnya.

Pun, kata Khaeruddin, di posko pengungsian warga wajib mematuhi protokol kesehatan (prokes) Ada tim yang disiapkan untuk memantau mereka.

“Personel gabungan dari Satpol PP, TNI dan Kepolisian bertugas untuk mengatur soal prokes di tempat evakuasi,” tutur Khaeruddin.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman juga sudah turun langsung meninjau lokasi banjir di Perumnas Antang. Peninjauan itu untuk memastikan pangan dan kesehatan pengungsi bisa terlayani

“Tim dari BPBD, PMI dan SAR sudah bekerja maksimal. Bantuan berupa makan, pakaian semuanya terpenuhi,” kata Sudirman.

Ia mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkot untuk mengatasi masalah banjir di Kota Makassar. Apalagi, lokasi ini menjadi langganan banjir tiap tahun.

“Kita akan rapat koordinasi dengan Pemkot, agar Pemprov bisa bantu untuk masalah banjir ini. Termasuk penyebanb banjir, apa akibat drainase atau saluran waduk,” kata Sudirman melansir SuaraSulsel.id (sr/*)

Next Post

Banjir Kolaka Utara Diduga Akibat Pembukaan Lahan dan Tambang Sirtu Ilegal

Sen Des 21 , 2020
Wakil Gubernur Sulsel meninjau lokasi banjir di Kota Makassar, Minggu (20/12/20) untuk memastikan ketersedian pangan dan kesehatan terlayani dengan baik. – Foto:Istimewa– MAKASSAR, Saorakyat.com–Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) dilanda banjir setinggi pinggang orang dewasa mengakibatkan ratusan rumah terendam di lima kecamatan Wilayah yang terendam banjir adalah Kecamatan Tamalanrea, Kecamatan Tamalate, […]
Social Network Widget by Acurax Small Business Website Designers
Visit Us On FacebookVisit Us On PinterestVisit Us On InstagramVisit Us On YoutubeVisit Us On TwitterVisit Us On LinkedinCheck Our Feed