Lutim Berhasil Tingkatkan SAKIP ke Predikat B

Lutim, Saorakyat.com–Kali pertama, Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kabupaten Lutim Tahun 2019 meraih predikat B. Predikat ini berdasar hasil evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Hasil evaluasi itu diserahkan Menpan-RB Pendayagunaan Aparatur Negara Tjahjo Kumolo kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Lutim, Bahri Suli, pada acara penganugerahan SAKIP Award 2019 Wilayah III Kabupaten/Kota di Yogyakarta, Senin (24/02).

Mentpan RB, Tjahjo Kumolo mengatakan, implementasi SAKIP terus mendorong instansi Pemerintah untuk fokus pada pencapaian prioritas pembangunan nasional melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, efisien, serta monitoring dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala.

Terpisah, Sekda Lutim Bahri Suli mengatakan, ada lima indikator yang menjadi objek penilaian, yakni perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal hingga capaian kinerja.

“Alhamdulilah, nilai SAKIP Pemkab Lutim meningkat, dari predikat CC Tahun 2018 dengan nilai 58,08 sekarang menjadi predikat B Tahun 2019 dengan nilai 60,17,” kata Bahri Suli.

Penilaian ini, lanjut Bahri, menunjukkan kenaikan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dan capaian kinerja, sudah cukup memadai.

“Kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan dilingkup Pemkab Lutim telah menunjukkan hasil yang baik,” sebutnya.

Turut mendampingi Sekda, Kepala Bapelitbangda, Budiman Hakim, Inspektur, Salam Latief, dan Kabag Organisasi Setdakab Lutim, Asmasari. (hms/ikp/kominfo/*)

Next Post

3.050 Peserta Ikuti SKD CPNS di Luwu

Rab Feb 26 , 2020
Lutim, Saorakyat.com–Kali pertama, Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kabupaten Lutim Tahun 2019 meraih predikat B. Predikat ini berdasar hasil evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Hasil evaluasi itu diserahkan Menpan-RB Pendayagunaan Aparatur Negara Tjahjo Kumolo kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Lutim, Bahri Suli, pada acara penganugerahan […]