Luwu Study Tiru Pengembangan Durian ke Parigi

PARIMO, SAORAKYAT – Pemerintah Kabupaten Luwu melakukan kunjungan ke Kabupaten Parigi Motong. Dalam kunjungan itu, Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu menerima kedatangan pemerintah Kabupaten Luwu yang dipimpin langsung Bupati Luwu Basmin Mattayang bersama rombongannya di Rumah Jabatan Bupati Parimo, Jumat 28 Juli 2023.

Rombongan Bupati Luwu ke Kabupaten Parigi Moutong dalam rangka studi tiru budidaya pertanian durian. Samsurizal mengatakan, sesama Pemerintah Daerah, dirinya memberikan masukan bagaimana membudidayakan durian agar memiliki kualitas yang baik

“Secara teknis membudidayakan komoditas ini harus memastikan bibit yang ditanam berkualitas baik dan memastikan kultur tanah mendukung pertumbuhan durian termasuk pemberian pupuk yang cukup supaya pertumbuhannya sesuai dengan target sehingga hasil yang didapatkan memiliki daya jual tinggi,” ujarnya

.Kunjungan Pemkab Luwu ke Parigi Moutong tidak salah, sebab tekad Samsurizal menjadikan Parimo menjadi daerah durian diakui Menteri Pertanian. Bulan Juli lalu, Parigi Moutong dinobatkan sebagai Kabupaten Durian dengan kualitas ekspor durian jenis Montong, Musangking dan jenis lainnya.

Menurut data Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Parigi Moutong, luas potensi lahan pertanian durian di daerah ini 3.833 hektare, dengan perhitungan sekitar 210.368 pohon dan jumlah produksi kurang lebih 305.419 ton per tahun.Selain itu, pada bulan lalu Parigi Moutong juga mengekspor sekitar 22 ton durian dalam bentuk frozen atau beku ke negara tujuan Thailand, melalui kerja sama koperasi, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat difasilitasi PT Bagus Segera Utama sebagai salah satu mitra Pemda yang bergerak di bidang ekspor buah-buahan.

Tentunya dengan adanya kegiatan ekspor, dapat memberikan keuntungan bagi petani. Kini UMKM pengepul buah-buahan rutin mengekspor 35 ton durian frozen ke negara tujuan.

READ  Resmi, Harga Pertamax Naik Jadi Rp 12.500 per Liter

Kami berharap Pemkab Luwu juga mampu melakukan hal yang sama,” ucap Samsurizal

Bupati Luwu Basmin Mattayang mengapresiasi pengetahuan atas pengelolaan durian ini. Dirinya mengatakan, Kabupaten Parigi Moutong pengembangan duriannya luar biasa, oleh sebab itu Kabupaten Parigi dijadikan sebagai lokasi studi tiru.Dirinya juga mengungkapkan Kabupaten Luwu terletak kurang lebih 300 Km sebelah utara Kota Makassar itu, juga penghasil utamanya adalah Durian khususnya Durian Montong. Sehingga Kata dia melalui studi tiru bisa saling berbagi pengalaman terkait Pengelolaan komoditas Durian.(*)