Menelisik Belopa di HUT ke-14, Basmin Mattayang Bupati Pertama dan ke 22

Catatan Redaksi Sao Rakyat

Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu memasuki tahun ke-14. Penetapan itu, memiliki histori perjalanan karir politik H. Basmin Mattayang. Dia tercatat bupati ke 19 dan ke 22 dari sejak masa pemerintahan bupati pertama, Andi Kaso tahun 1940 (Luwu sebelum pemekaran wilayah-red)

Pemekaran Kabupaten Luwu yang melahirkan Kabupaten Luwu Utara dan Kota Otonom Palopo di bawah kepemimpinan Bupati Luwu (Alm) Dr. Kamrul Kasim yang menjabat Bupati Luwu dari tahun 1999-2003. Dengan begitu, Kota Palopo yang sebelumnya Ibu Kota Kabupaten Luwu, harus bergeser ke Kecamatan Belopa dan kini Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu. (secara admistrarif bukan Kota Belopa-red)

Sebuah sejarah terukir pada administrasi pemerintahan Luwu, 14 tahun silam, H. Basmin Mattayang, bupati pertama pasca Belopa ditetapkan sebagai Ibu Kota Kabupaten, yang sebelumnya sebagai Kecamatan Belopa, berdasar Peraturan Pemerintah RI Nomor 80 Tahun 2005.

Bupati Luwu H.Basmin Mattayang,dan Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak.

Diresmikan Gubernur Amin Syam, menjadi Ibu Kota Kabupaten Luwu sejak 13 Februari 2006 lalu. Bertepatan kala itu, Periode 2004-2009 Luwu dipimpin oleh Bupati H.M. Basmin Mattayang dan Wakil Bupati H. Bahrum Daido (hasil pemilihan melalui DPRD).

Dari perjalanan kepemimpinan H. Basmin Mattayang, periode 2004-2008, berhasil membangun kompleks perkantoran untuk penyelenggaraan pemerintahan. Kawasan yang sebelumnya areal persawahan di Topoka, Radda hingga Senga, kini di kenal Jalur Dua dan sebagai zona jalur protokol.

Lapangan seluas delapan hektar yang dilengkapi Tribun berdiri megah, gedung serbaguna, Masjid Raya Agung Belopa dan kantor-kantor pelayanan masyarakat lainnya.

Hingga akhirnya, regulasi pemilihan kepala daerah kemudian berubah untuk dipilih secara langsung. H. Basmin Mattayang diharuskan mundur oleh aturan kala itu. Wakilnya, Bahrum Daido dilantik Bupati Luwu 2008-2009, sekaligus tercatat bupati ke 20.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) langsung pertama di daerah ini, menetapkan Ir. H. Andi Mudzakkar sebagai bupati terpilih periode 2009-2014 dan Wakil Bupati Syukur Bijak. Sementara, H. Basmin Mattayang yang berpasangan Buhari Kahar Muzdakkar terdepak dari proses demokrasi itu.

Terlepas itu, Hari jadi Belopa Ke-14 sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu dirayakan saat ini yang bertepatan pula, setahun kepemimpinan H. Basmin Mattayang bersama Syukur Bijak. Setelah kembali memenangi Pilkada 2018. Februari 2019 resmi dilantik sebagai Bupati Luwu dan tercatat sebagai bupati ke 22. Berbagai rangkiaan kegiatan dilaksanakan. Selain kegiatan olahraga, juga dilakukan ritual “Mappaccakke Wanua” mengawali puncak perayaan.

H. Basmin Mattayang pun mengundang seluruh masyarakat Luwu untuk hadir di Rumah Jabatan Bupati, yang kemudian disebutnya sebagai Rumah Rakyat. “Rumah ini adalah rumah kita semua, rumahnya rakyat, jadi siapa saja yang bisa datang. Olehnya, puncak perayaan di pusatkan di sana,” ujar Basmin dalam sambutannya di perayaan HUT Belopa ke-14.

Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel, Sudirman Sulaiman, ikut menghadiri perayaan HUT ke-14 Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu yang dilaksanakan di Rujab Bupati Luwu, Pammanu, Kamis (13/2/2020).

Kedatangan Wagub, disambut dengan tarian “Paddupa” di Rujab Bupati Luwu, Pammanu yang menjadi pusat lokasi Peringatan HUT Belopa yang ke-14, Kamis (13/2/2020).

Sejumlah tamu kehormatan kepala daerah se-rumpun _(Tana Luwu)_hadir, diantaranya, Walikota Palopo, Judas Amir, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Muspida Luwu, dan para pejabat dan para tokoh masyarakat.

Meski bergelimang lumpur di lokasi puncak perayaan itu, tepatnya pelataran ‘rumah rakyat’, masyarakat tetap semangat mengikuti rangkaian acara tersebut. Walau beberapa diantara kesal terhadap panitia pelaksana yang kurang tanggap mengantisipasi segala kemungkinan di musim penghujan ini.

Selamat HUT ke 14 Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu dan Sukses untuk H.Basmin Mattayang dan Syukur Bijak menjalankan amanah(**)

Next Post

Luwu Kecipratan Alokasi Anggaran dari Pemprov Sulsel

Kam Feb 13 , 2020
Catatan Redaksi Sao Rakyat Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu memasuki tahun ke-14. Penetapan itu, memiliki histori perjalanan karir politik H. Basmin Mattayang. Dia tercatat bupati ke 19 dan ke 22 dari sejak masa pemerintahan bupati pertama, Andi Kaso tahun 1940 (Luwu sebelum pemekaran wilayah-red) Pemekaran Kabupaten Luwu yang melahirkan […]