Mentan SYL Ingatkan Kepala Daerah agar Tidak Manipulasi Data Korban Bencana

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo /Foto: Dokumentasi Humas Setkab

Sulbar, Saorakyat.com – Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo (SYL) memberikan peringatan kepada pemerintah daerah soal bencana agar tidak memanipulasi data korban.

Mantan Gubernur Sulsel dua periode itu mengingatkan para pemerintah daerah untuk tidak merekayasa jumlah korban bencana. Sebab kata dia akan menjadi sumber dari bencana-bencana yang bisa menerpa kapan saja.

“Jangan merekayasa bencana, kalau bencana korbannya lima, jangan dibilang 100, itu bahaya,” tegas Syahrul Yasin Limpo dalam kunjungannya di posko tanggap darurat penanganan bencana alam Sulawesi Barat di Kabupaten Mamuju, Sabtu, (23/01/2021)

Hal ini dikatakan oleh Syahrul Yasin Limpo lantaran dirinya pernah menjadi kepala daerah selama 25 tahun, termasuk 10 tahun menjabat sebagai Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan.

“Saya bekas kepala desa, bekas camat dan saya lihat yang suka merekayasa bencana, datang bencana berikutnya,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Syahrul Yasin Limpo bercerita saat menjadi gubernur, ketika terjadi bencana, dirinya segera mengeluarkan segala kekuatan agar tidak terkena bencana selanjutnya.

“Karena kalau ada yang pelit, tunggu saja bencana selanjutnya,” ujar Syahrul Yasin Limpo .

Di hadapan Menteri Pertanian, Sekretaris Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris menyatakan jumlah korban meninggal dunia tercatat sebanyak 91 jiwa, 320 jiwa dengan luka sangat berat yang saat ini dirawat di sejumlah rumah sakit, 426 jiwa luka berat, 240 jiwa luka sedang dan 2.703 jiwa luka ringan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan status penanganan bencana gempabumi dengan magnitudo 6,2 di Sulawesi Barat sebagai tanggap darurat.

Penetapan status tanggap darurat itu dilakukan Gubernur Sulawesi Barat, HM Ali Baal Masdar melalui surat nomor 001/Darurat-SB/I/2021, sejak 15 Januari 2021 sampai 28 Januari 2021.(**)

Next Post

Tim Misi Kemanusiaan Unair Tiba di Majene untuk Penanganan Korban Gempa

Sen Jan 25 , 2021
Rumah sakit ini akan melakukan pelayanan kesehatan kepada warga selama tanggap darurat bencana gempa yang melanda Mamuju dan Majene hingga selesa
Animated Social Media Icons by Acurax Responsive Web Designing Company
Visit Us On FacebookVisit Us On PinterestVisit Us On InstagramVisit Us On YoutubeVisit Us On TwitterVisit Us On LinkedinCheck Our Feed