MK Putuskan Gugatan PHP Irwan-Rio Tidak Lanjut, Budiman Menangkan Pilkada Lutim

Budiman, Pemenang Pilkada Lutim setelah MK Tolak Permohonan PHP Irwan-Rio. Kini Budiman tinggal menunggu waktu penetapan sebagai Bupati Luwu Timur terpilih. Foto: Istimewa

JAKARTA,Saorakyat.com– Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan tidak dapat menerima permohonan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Bupati Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Tahun 2020 yang diajukan oleh Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bupati Luwu Timur Nomor Urut 2 Irwan Bachri dan Andi Muh. Rio Patiwiri.

Putusan Nomor 96/PHP.BUP-XIX/2021 tersebut dibacakan oleh Ketua MK Anwar Usman dengan didampingi delapan hakim konstitusi lainnya dalam sidang yang digelar pada Rabu (17/2/2021) di Ruang Sidang Pleno MK, Jakarta.

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Enny Nurbaningsih, Mahkamah menemukan dalil Pemohon mengenai permasalahan mutasi pejabat telah diselesaikan di Bawaslu dan tidak ditindaklanjuti. Alasannya, karena tidak memenuhi unsur dugaan pelanggaran tindak pidana pemilihan.

Selain itu, berkenaan dengan keterlibatan ASN hanya terdapat satu laporan dari Erwin R. Sandi yang melaporkan Petrus Frans (Kepala Desa Kasintuwu) yang terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja membuat keputusan/tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon. Sedangkan terhadap laporan lainnya tidak memenuhi unsur dugaan pelanggaran tindak pidana pemilihan.

Hakim Konstitusi Enny Nurbaningsih membacakan pertimbangan hukum Mahkamah dalam sidang Putusan Perselisihan Hasil Pemilihan bagi Kabupaten Luwu Timur, Rabu (17/02) di Ruang Sidang MK. Foto Humas/Ifa.

“Berdasarkan seluruh uraian pertimbangan hukum tersebut di atas, Mahkamah berpendapat terhadap permohonan a quo tidak terdapat alasan untuk menimpangi ketentuan Pasal 158 UU 10/2016 yang berkaitan dengan kedudukan hukum Pemohon sebagai syarat formil dalam mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota di Mahkamah.

“Oleh karenanya, tidak ada relevansinya untuk meneruskan permohonan a quo pada pemeriksaan persidangan lanjutan dengan agenda pembuktian,” ucap Enny.

Sementara, terkait kedudukan hukum, Enny menyebut pemohon tidak memiliki kedudukan hukum. Hal tersebut, karena seharusnya perbedaan selisih suara antara Pemohon dengan pasangan calon peraih suara terbanyak sebesar 1,5% dari 163.579 (total suara sah) yakni 2.454 suara.

“Pemohon memperoleh suara sebanyak 77.228 suara, sedangkan Pihak Terkait memperoleh suara terbanyak sebesar 86.351 suara. Sehingga selisih perolehan suara antara Pemohon dengan Pihak Terkait sebanyak 9.123 suara (5,58%) atau lebih dari 2.454 suara,” papar Enny seperti dilansir dari Humas MK-RI melalui mkri.id

Berdasarkan pertimbangan hukum di atas, lanjut Enny, Mahkamah berpendapat, meskipun Pemohon adalah Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur Tahun 2020, namun Pemohon tidak memenuhi ketentuan pengajuan permohonan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 158 ayat (2) huruf b UU 10/2016.

Dengan demikian, adanya putusan MK tersebut, dan berdasar hasil perhitungan KPUD Luwu Timur, Pasangan Calon Nomor Urut 1 Muh. Thorig Husler – Budiman pemenang Pilkada Lutim. Pun Budiman, tinggal menunggu waktu penetapan sebagai Calon Bupati terpilih Lutim, karena pasangannya berhalangan tetap.(adn/jep/*)

Next Post

Korban Gempa Desak Pemprov Sulbar Transparan soal Penyaluran Bantuan

Kam Feb 18 , 2021
Budiman, Pemenang Pilkada Lutim setelah MK Tolak Permohonan PHP Irwan-Rio. Kini Budiman tinggal menunggu waktu penetapan sebagai Bupati Luwu Timur terpilih. Foto: Istimewa JAKARTA,Saorakyat.com– Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan tidak dapat menerima permohonan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Bupati Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Tahun 2020 yang diajukan oleh Pasangan Calon […]
Animated Social Media Icons by Acurax Wordpress Development Company
Visit Us On FacebookVisit Us On PinterestVisit Us On InstagramVisit Us On YoutubeVisit Us On TwitterVisit Us On LinkedinCheck Our Feed