Musrenbang Diharap Lahir Program Prioritas dengan Prinsip Pemerataan

Luwu, Saorakyat.com— Musrenbang dilaksanakan Pemkab Luwu di sejumlah kecamatan. Kegiatan ini bagian dari rangkaian RKPD TA 2021 untuk menyelaraskan program usulan dari desa yang menjadi prioritas.

Meski begitu substansinya, Musrenbang diharap melahirkan program yang berdasar pada kepentingan masyarakat, sesuai usulan prioritas desa masing-masing.

“Saya berharap program yang diajukan terlebih dahulu di musyawarakan di tingkat desa sesuai skala prioritas. Dan yang mendasar menerapkan prinsip adil, sehingga ada pemerataan pembangunan,” ujar anggota DPRD Luwu, H Lahmuddin, pada Musrenbang, Kamis (20/2) di Aula Kantor Kecamatan Bupon, Luwu.

Legislator dari Frkasi PAN ini juga menyampaikan kepada kepala desa, agar program yang mampu dibiayai dari Dana Desa, tidak usah diusulkan lagi ke kabupaten.

“Jadi maksimalkan saja dana desa yang ada, karena kita juga tahu Pemda keterbatasan anggaran,” tandas pensiunan birokrasi itu.

Sementara, Sekretaris Bappeda Luwu, Yusriadi Runi membacakan sambutan Bupati Luwu mengatakan, RKPD adalah penjabaran tahunan dari RPJMD yang telah ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2019.

Olehnya, lanjut Yusriadi, substansi RKPD antara lain adalah kegiatan prioritas dan pagu indikatif masing-masing perangkat daerah sesuai tugas dan fungsinya yang bersumber dari Renstra perangkat daerah.

“Kesepakatan dalam forum ini harus di input oleh kecamatan dan dijadikan sebagai bahan penyusunan RKPD dan dibahas lebih lanjut dalam Forum perangkat daerah tingkat kabupaten,” urainya.

Kegiatan formalitas ini, dihadiri sejumlah anggota DPRD Luwu, unsur Forkopimcam, SKPD Luwu, kepala desa,
dan tokoh masyarakat. (jp/*)

Next Post

DPRD Lutra Serap Aspirasi Masyarakat

Kam Feb 20 , 2020
Luwu, Saorakyat.com – Musrenbang dilaksanakan Pemkab Luwu di sejumlah kecamatan. Kegiatan ini bagian dari rangkaian RKPD TA 2021 untuk menyelaraskan program usulan dari desa yang menjadi prioritas. Meski begitu substansinya, Musrenbang diharap melahirkan program yang berdasar pada kepentingan masyarakat, sesuai usulan prioritas desa masing-masing. “Saya berharap program yang diajukan terlebih […]