Pedoman Baru WHO soal Masker yang Kini Diperketat

Illustrasi: WHO memperbarui pedoman Covid-19 terkait penggunaan masker. –Grafis Badan Litbang Kesehatan–

JAKARTA,Saorakyat.com-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali memperbarui pedoman COVID-19 terkait penggunaan masker. Salah satu poin penting rekomendasi WHO kali ini perlunya memakai masker di ruangan dengan ventilasi buruk.

Juni lalu, WHO mendesak seluruh warga untuk tetap memakai masker kain, tidak hanya di luar ruangan tetapi di dalam ruangan yang berisiko tertular COVID-19.

Kekinian, WHO menyebut anak 12 tahun ke atas harus selalu memakai masker di tempat dengan ventilasi buruk termasuk saat menerima tamu di rumah.

WHO menyarankan untuk tetap memakai masker di luar maupun dalam ruangan dengan ventilasi yang baik.

Baca juga: Bupati Luwu Lantik 100 Anggota BPD Abaikan Prokes Covid-19

Rekomendasi WHO juga mengharuskan setiap orang setidaknya menjaga jarak satu meter demi mencegah penularan COVID-19.

“Dalam semua skenario, masker yang melindungi dari penularan virus daripada infeksi perlu disertai dengan tindakan pencegahan lain seperti mencuci tangan,” kata WHO.

WHO menyarankan agar setiap orang yang melakukan aktivitas fisik berat tidak memakai masker terlebih dulu dengan beberapa risiko terkait. Hal ini terutama ditujukan bagi pengidap asma.

WHO juga menyoroti aktivitas olahraga di gym, yang tetap perlu melakukan protokol COVID-19.

“Ventilasi yang memadai, jarak fisik dan desinfeksi permukaan dengan sentuhan tinggi di gym harus dipertahankan, atau penutupan sementara harus dipertimbangkan,” tambahnya.

“Petugas kesehatan dapat mengenakan masker respirator N95 jika tersedia saat merawat pasien COVID-19, tetapi satu-satunya perlindungan yang terbukti adalah ketika mereka melakukan prosedur yang menghasilkan aerosol yang membawa risiko lebih tinggi,” kata WHO.

Berikut poin-poin rangkumannya:

– Memakai masker dalam ruangan berventilasi buruk termasuk di rumah (saat menerima tamu)
– Usia 12 tahun ke atas wajib memakai masker
– Masker harus tetap digunakan saat ventilasi ruangan baik jika ada risiko tertular Corona, dengan tetap menjaga jarak 1 meter.
– Tenaga medis tetap dapat menggunakan masker N95
– Aktivitas fisik berat tak disarankan memakai masker khususnya pengidap asma. (asy)

Berita lainnya:

Next Post

Ngabalin Laporkan Mantan Anggota KSP dan Pengamat Politik Terkait Dugaan Suap Edhy Prabowo

Jum Des 4 , 2020
Illustrasi: WHO memperbarui pedoman Covid-19 terkait penggunaan masker. – Grafis Badan Litbang Kesehatan– JAKARTA,Saorakyat.com-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali memperbarui pedoman COVID-19 terkait penggunaan masker. Salah satu poin penting rekomendasi WHO kali ini perlunya memakai masker di ruangan dengan ventilasi buruk. Juni lalu, WHO mendesak seluruh warga untuk tetap memakai masker […]
Animated Social Media Icons by Acurax Responsive Web Designing Company
Visit Us On FacebookVisit Us On PinterestVisit Us On InstagramVisit Us On YoutubeVisit Us On TwitterVisit Us On LinkedinCheck Our Feed