Polisi Amankan Seorang Wanita Belanja dengan Uang Palsu

Petugas Lalulintas di Pos Karang-karangan, Luwu, mengamankan seorang wanita belanja dengan uang palsu, Minggu (29/3/20)

Luwu, Saorakyat.com-Polres Luwu mengamankan seorang wanita asal Kota Makassar berinisial S (28) lantaran tertangkap tangan belanja dengan uang palsu pecahan Rp100 ribu sebanyak dua lembar.

Kasat Reskrim Polres Luwu AKP. Faisal Syam kepada wartawan, Senin (30/3/20) membenarkan perihal itu.

Faisal menjelaskan kronologi modus yang dilancarkan wanita tersebut. Awalnya, kata dia pelaku mengendarai sepeda motor. Lalu membeli BBM botolan di wilayah Padang Sappa seharga Rp.10 ribu. Pecahan uang Rp.100 ribu palsu itu sebagai bayarannya. Akhirnya diangsur Rp90 ribu uang asli oleh sang penjual.

Baca Juga: Bupati Lutra Segera Realokasi Anggaran untuk Penanganan Covid-19

Tak sampai disitu, kembali beraksi dengan belanja ikan kering di wilayah Ponrang seharga Rp20 ribu. Pecahan Rp.100 ribu uang palsu menjadi alat bayaran. Ia mendapat angsuran Rp.80 ribu uang asli.

Baru berhasil memperdayai dua korban, seorang warga memberi informasi ke Polisi Satlantas yang bertugas di Pos Lantas Lamone Desa Karang-karangan, Bua, Luwu.

Baca Juga: Luwu Siapkan Rp3 Miliar untuk Covid-19, Sudah Terpakai Rp1,2 Miliar, Mungkinkah?

Akhirnya, aksinya berakhir dengan berurusan penegak hukum. Kini wanita itu diamankan di Mapolres Luwu untuk mempertanggujawabkan aksinya. Polisi akan mengembangkan kasus peredaran uang palsu tersebut.

”Anggota mendapatkan informasi dari masyarakat, adanya seorang wanita mengendarai sepeda motor Yamaha Mio GT, dicurigai membawa uang palsu. Untuk membuktikan, Aiptu Busman dan Bripka Nurung, menahan pengendara tersebut, dan memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan, SIM juga STNK. Namun tidak dapat di perlihatkan,” ujar Faisal via Whatsapp.

Baca Juga: Langgar Karantina Wilayah Bisa Didenda Rp100 Juta

Untuk membuktikan dugaan uang palsu itu, Aiptu Busman, mengarahkan Bripka Muh. Nurung untuk mengambil barang bukti di dua tempat tersebut, yakni di penjual bensin botolan dan penjual ikan kering.

“Barang buktinya di dua tempat itu diambil, kemudian di bawa ke Pos Lantas untuk introgasi. Benar adanya, sehingga Aiptu Busman dan Bripka Muh.Nurung mengamankan pelaku,” jelas Faisal.

Baca Juga: Polres Luwu Menggulung Pelaku Curanmor, Satu Diduga Penadah Ikut Diamankan

Saat ini Satreskrim Polres Luwu masih melakukan pengembangan kasus. Termasuk pengembangan kemungkinan si wanita ini jaringan terorganisir peredaran uang palsu.

“Kita sudah amankan guna proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” tutup AKP Faisal Syam. (jp/*)

Next Post

Gubernur Sulsel Instruksikan Realokasi dan Refocusing APBD 2020

Sen Mar 30 , 2020
Petugas Lalulintas di Pos Karang-karangan, Luwu, mengamankan seorang wanita belanja dengan uang palsu, Minggu (29/3/20) Luwu, Saorakyat.com-Polres Luwu mengamankan seorang wanita asal Kota Makassar berinisial S (28) lantaran tertangkap tangan belanja dengan uang palsu pecahan Rp100 ribu sebanyak dua lembar. Kasat Reskrim Polres Luwu AKP. Faisal Syam kepada wartawan, Senin […]