Satu Kasus Baru Covid-19 di Toraja Meninggal Dunia

Kepala Dinas Kesehatan, Mariana Belo, SKM di Media Centre Covid-19 Toraja mengumumkan kasus Covid-19 meninggal dunia. foto: Media Centre Covid-19 Toraja

TORAJA, Saorakyat.com — Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan satu (1) kasus baru terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 di wilayah Tana Toraja, Selasa, (23/6/20)

Kepala Dinas Kesehatan, Mariana Belo, SKM. mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan dengan metode Tes Cepat Molekuler (TCM), kasus positif ke-8 tersebut adalah laki-laki, 45 tahun, alamat Lembang Gandangbatu Kecamatan Gandangbatu Sillanan.

Kasus Positif kedelapan dinyatakan telah meninggal dunia dan diketahui memiliki gejala sakit penderita Covid-19 dan memiliki riwayat perjalanan dari daerah Zona Merah (Makassar).

Baca Juga: KPU Menyusun Metode Kampanye Pilkada di Tengah Bencana Covid-19

Berdasarkan hasil tracing terhadap riwayat perjalanan kasus ke-8 ini, diketahui baru saja kembali dari Makassar dan tiba di Tana Toraja pada tanggal 15 Juni 2020. Pasien Covid-19 itu tidak melapor ke Petugas Puskesmas dan Pemerintah setempat.

Setelah beberapa hari di rumah pasien mulai sakit dan melapor ke pemerintah setempat, Pemerintah setempat lalu berkomunikasi dengan petugas kesehatan dan petugas kesehatan mengunjungi dan memberi obat pada Sabtu, 20 Juni 2020.

Pasien meninggal dunia, kata Mariana Belo, Senin malam tanggal 22 Juni 2020. Tim Satgas melakukan pengambilan sampel cairan tenggorokan untuk pemeriksaan dengan metode TCM dengan hasil positif Covid-19. Dasar inilah sehingga Satgas Covid-19 Tana Toraja melakukan penguburan dengan protokol Covid-19.

Baca Juga: Amankan Pilkada 2020, Kapolri Minta Jajarannya Susun Operasi Mantap Praja

Dengan diumumkannya satu (1) kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja, Satgas Covid-19 Tana Toraja telah mencatat sudah 8 kasus. Enam (6) pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh. Satu pasien dirujuk ke Makassar dan kasus yang terakhir dinyatakan meninggal dunia.

Satgas Covid-19 Tana Toraja sedang melakukan langkah-langkah memutus mata rantai penyebaran virus corona di lingkungan masyarakat.

Langkah-langkah yang dilakukan masih menurut Mariana, adalah dengan melakukan tracing terhadap riwayat kontak pasien positif tersebut dengan melibatkan Tim Surveilans.

“Tracing ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran Virus Corona dari pasien positif di lingkungan masyarakat. Petugas juga telah melakukan penyemprotan disinfektan disekitar rumah pasien 08 yang meninggal dunia tersebut,” sebut Mariana. (jp)

Next Post

Kesal Lantaran Jarang Dilayani, Kuping Istri Disayat Pakai Bambu

Sel Jun 23 , 2020
Kepala Dinas Kesehatan, Mariana Belo, SKM di Media Centre Covid-19 Toraja mengumumkan kasus Covid-19 meninggal dunia. foto: Media Centre Covid-19 Toraja TORAJA, Saorakyat.com – Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan satu (1) kasus baru terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 di wilayah Tana Toraja, Selasa, (23/6/20) Kepala Dinas Kesehatan, Mariana […]