Sebaran Covid-19 di Indonesia Masih Terjadi, 337 Kasus Baru Positif

Jakarta, Saorakyat.com–Hari ke hari, grafik peningkatan pasien positif terjangkit Covid-19 masih mengisi ruang publish Pemerintah Indonesia hingga daerah melalui masing-masing juru bicara Covid-19.

Per Kamis (9/4/20), kasus Covid-19 mencapai 3.293. Ada penambahan 337 dari hari sebelumnya 2.956 orang. Padahal sudah berbagai langkah telah dilakukan. Baik itu dari pemerintah pusat, daerah hingga elemen masyarakat.

“Ada penambahan kasus konfirmasi positif sebanyak 337 kasus baru. Maka sejauh ini, berjumlah 3.293 kasus,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, dalam jumpa pers di Gedung BNPB, Kamis (9/4/20).

Baca juga:

Dalam tiga hari terakhir, angka penambahan kasus positif di Indonesia mencapai lebih dari 200 orang per hari. Angka ini diambil melalui metode pemeriksaan PCR (swab dahak) yang dikombinasikan dengan rapid test untuk screening awal.

DKI Jakarta masih menjadi zona merah pusat penyebaran corona terbanyak, disusul Jawa Barat. Pemerintah sudah menetapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk Jakarta, dan efektif berlaku mulai Jumat (10/4) demi menekan penularan virus corona.

Seluruh kegiatan masyarakat Jakarta akan dibatasi, mulai dari kewajiban bekerja, belajar, dan beribadah di rumah hingga operasional transportasi umum pukul 06.00-18.00 WIB. Aturan ini berlaku 14 hari dan bisa diperpajang.

Baca juga:

Menyusul Jakarta, Jawa Barat telah mengajukan penerapan PSBB untuk lima wilayah, yakni Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Bogor. Rabu (8/4) sore, pengajuan resmi dikirimkan kepada Menkes Terawan Agus Putranto.

Saat ini, untuk memutus rantai penularan, seluruh masyarakat Indonesia diwajibkan untuk menjaga jarak (phyisical distancing) dan tetap berada di rumah.

Presiden Jokowi mewajibkan setiap orang rutin cuci tangan dan memakai masker kain jika terpaksa keluar rumah, demi menghindari penularan Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Saya minta juga penyiapan masker ini, sekarang ini, betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat,” kata Jokowi dalam pembukaan rapat terbatas secara virtual bersama para menteri, Senin (6/4).

“Karena kita ingin setiap warga yang harus keluar rumah itu wajib memakai masker,” imbuhnya.(aj/*)

Next Post

Bupati Luwu Imbau Warga Tetap di Rumah Selama Tiga Hari

Kam Apr 9 , 2020
Jakarta, Saorakyat.com–Hari ke hari, grafik peningkatan pasien positif terjangkit Covid-19 masih mengisi ruang publish Pemerintah Indonesia hingga daerah melalui masing-masing juru bicara Covid-19. Per Kamis (9/4/20), kasus Covid-19 mencapai 3.293. Ada penambahan 337 dari hari sebelumnya 2.956 orang. Padahal sudah berbagai langkah telah dilakukan. Baik itu dari pemerintah pusat, daerah […]