Tangkal Covid-19, Setiap Orang dan Kendaraan Masuk Toraja Dirazia

Toraja, Saorakyat.com– Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae bersama Gugus Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 melakukan antisipasi penyebaran corona virus di perbatasan Salubarani-Enrekang. Batas ini, salah satu jalan masuk ke Kabupaten Tana Toraja, Kamis, (19/3/20)

Penanganan Covid-19 melalui protokol umum di area dan tranportasi publik sudah sesuai dengan aturan standar yang ditetapkan.

Petugas memakai Alat Pelindung Diri (APD) atau Personal Protective Equipment sebagai perlengkapan yang wajib digunakan untuk melindungi dan menjaga keselamatan petugas dari potensi terpapar virus.

Baca Juga: Satu Orang Meninggal dari Dua Warga Sulsel Positif Covid-19

Penanganan petugas dilakukan dengan merazia kendaraan yang melintas. Razia ini, bukan dokumen kendaraan. Namun memastikan tidak adanya gejala Covid-19 masuk wilayah Tana Toraja.

Kemudian dilakukan penyemprotan desinfektan ke setiap kendaraan. Pula melakukan deteksi suhu tubuh menggunakan thermoscan, penyemprotan antiseptik di telapak tangan setiap orang yang dihentikan

Satgas Covid-19 Toraja memeriksa suhu tubuh setiap orang yang masuk wilayah Toraja -ist-

Satgas covid juga sosialisasi etika batuk/bersin dan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti mencuci tangan menggunakan air dan sabun. Membuang sampah pada tempatnya, tidak merokok dan mengonsumsi NAPZA.

Baca Juga: Kasus Corona Meningkat Jadi 309 Orang, Sulsel Dua Kasus Baru

Lalu tidak meludah disembarang tempat, hindari menyentuh area wajah yang tidak perlu dan memakai masker bila mengalami demam, batuk/flu.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae sebagai penanggungjawab Gugus Tugas Covid-19/Tim Kesiapsiagaan Daerah langsung meninjau lokasi.

“Saya menghimbau kepada masyarakat Tana Toraja kiranya mau bersama-sama bahu-membahu untuk melakukan pencegahan dan penanganan terhadap penyakit Virus Corona,” imbau Nico.

Nico mengatakan, kesiapsiagaan Pemda Tana Toraja dengan melakukan pemeriksaan semua masyarakat yang masuk dari daerah manapun. Ini kata dia, untuk memutus mata rantai wabah corona virus.

“Kesulitannya yang dihadapi adalah kurangnya peralata dan perlengkapan yang berkaitan dengan penanganan Corona,” jelasnya.

Bupati berharap dukungan dari semua pihak untuk bersama-sama mengantisipasi dan menangani penyebaran Covid-19. Mengikuti arahan pemerintah agar virus corona tidak terjangkit di Kabupaten Tana Toraja. (dgr/frtz/tmk/*)

Next Post

Sepuluh Warganya Status ODP Covid-19, Bupati Lutra Tetapkan Siaga Darurat

Jum Mar 20 , 2020
Toraja, Saorakyat.com– Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae bersama Gugus Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 melakukan antisipasi penyebaran corona virus di perbatasan Salubarani-Enrekang. Batas ini, salah satu jalan masuk ke Kabupaten Tana Toraja, Kamis, (19/3/20) Penanganan Covid-19 melalui protokol umum di area dan tranportasi publik sudah sesuai dengan aturan standar yang ditetapkan. […]