Tiga Kasus Baru Positif di Toraja, Satu Wanita Mengandung Bayi Kembar

TORAJA, Saorakyat.com–Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan tiga (3) kasus baru terkonfirmasi positif terpapar Corona.

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini diumumkan langsung oleh Koordinator Posko Media Center Satgas Covid-19, Berthy Mangontan didampingi Direktur RSUD Lakipadada dr. Syafari Mangopo, Jumat, (29/5/20)

dr. Syafari Mangopo menjelaskan, pasien keempat, kelima dan keenam terkonfirmasi positif terpapar Corona berdasarkan hasil pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (PCR) yang diterima dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Laporan Keuangan Pemkab Luwu Timur Tahun 2019 Raih Opini WTP

Pasien 04 (Laki-laki, 59 tahun) alamat Pasar Baru, Kecamatan Makale. Riwayat perjalanan dari Palopo dua bulan yang lalu. Pasien 04 ini ditempatkan sementara di RSUD Lakipadada pada ruangan/gedung bagian belakang Rumah Sakit.

Pasien 05 (Perempuan, 52 tahun) alamat Lembang Raru Sibunuan Kecamatan Sangalla, dengan riwayat pada tanggal 20 Mei 2020 datang dari Makassar dengan riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif di Makassar. Pasien juga sudah ditempatkan di sementara di RSUD Lakipadada pada ruangan/gedung bagian belakang Rumah Sakit.

Pasien 06 (Perempuan, 33 tahun) alamat Kelurahan Rantetayo, Kecamatan Rantetayo, masuk Rumah Sakit Lakipadada tanggal 27 Mei 2020 dengan tujuan hendak melahirkan. Namun berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui pasien 06 sedang mengandung bayi kembar sehingga harus dilakukan penanganan operasi Caesar.

“Ketiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut telah dipindahkan dan dirawat di Ruang Isolasi RSUD Lakipadada Tana Toraja,” kata dr. Syafari.

Baca Juga: DPR Meninjau Persiapan Protokol Tatanan Normal Baru di Kantor Kemenkes

Dengan diumumkannya tiga (3) kasus baru terkonfirmasi positif, Satgas Covid-19 Tana Toraja telah mencatat enam (6) pasien terkonfirmasi positif dimana 3 pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh.

“Satgas Covid-19 Tana Toraja sedang melakukan langkah-langkah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus di lingkungan masyarakat. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan Tracking terhadap riwayat kontak Pasien Positif tersebut dengan melibatkan Tim Surveilans dari Puskesmas dan Kepolisian,” jelas Berthy Mangontan.

Tracking ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran Virus Corona dari Pasien positif di lingkungan masyarakat.

Koordinator Posko Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja Berthy Mangontan menghimbau masyarakat untuk tetap tenang, saling menguatkan, tetap menjaga pola hidup sehat dan tetap taat terhadap himbauan Pemerintah (mc/jp)

Next Post

Ilmuwan Sebut Mutasi Tak Bikin Virus Corona Makin Berbahaya

Sab Mei 30 , 2020
TORAJA, Saorakyat.com–Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan tiga (3) kasus baru terkonfirmasi positif terpapar Corona. Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini diumumkan langsung oleh Koordinator Posko Media Center Satgas Covid-19, Berthy Mangontan didampingi Direktur RSUD Lakipadada dr. Syafari Mangopo, Jumat, (29/5/20) dr. Syafari Mangopo menjelaskan, pasien keempat, kelima dan […]