Update Corona di RI 19 Juni: 43.803 Positif, 2.373 Meninggal, 17.349 Sembuh

Petugas ambulans yang mengenakan pakaian hazmat, tiba di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Kamis (5/3/20). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

JAKARTA, Saorakyat.comPemerintah kembali memperbarui data jumlah pasien positif virus corona di Indonesia. Per Jumat (19/6/20), jumlah pasien positif bertambah 1.041 orang, sehingga total kini ada 43.803 terjangkit corona.

“Total (pasien positif) menjadi 43.803,” kata juru bicara penanganan corona, Achmad Yurianto, di Kantor BNPB, Jakarta.

Jumlah pasien positif COVID-19 yang meninggal pun bertambah 34 orang. Sehingga jumlah pasien meninggal menjadi 2.373 orang.

Kabar baiknya, jumlah pasien virus corona yang sembuh bertambah 551 orang, menjadi 17.349 orang.

Baca Juga: Dokter Reisa: Dexamethasone Bukan Penangkal Covid-19

Pemerintah dan DPR sepakat membuka pesantren namun dengan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat. Ini merupakan hasil kesepakatan dari rapat kerja Komisi VIII DPR RI dengan Kementerian Agama pada Kamis (18/6/20) malam kemarin.

Kemenag juga sudah mengeluarkan protokol kesehatan lengkap untuk pesantren dan pendidikan keagamaan di masa pandemi corona. Namun, tak hanya protokol kesehatan, Kemenag juga diminta ikut memfasilitasi tes corona untuk santri-santri.

Baca Juga: Mabes Polri Ingatkan Polres Kepulauan Sula soal Humor Gus Dur Jangan Terlalu Reaktif

“Pemerintah tidak bisa hanya sekadar mendorong agar pesantren mengikuti protokol kesehatan yang sudah diatur. Imbauan saja tidak cukup, mereka akan kesulitan. Sehingga, pemerintah harus meng-cover penuh biaya PCR Test, rapid test, penyediaan hand sanitizer, masker, dan sarana pencegahan COVID-19 lainnya bagi pesantren,” kata Anggota Komisi VIII DPR Bukhori Yusuf kepada wartawan, Jumat (19/6/20).

“Agar layak memenuhi standar protokol kesehatan sebagaimana diatur oleh pemerintah,” sambungnya.

Bukhori memahami Kemenag tak akan bisa memenuhi seluruh kebutuhan pesantren tersebut. Sehingga, ia mendorong Kemenag bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait dalam Gugus Tugas COVID-19 terkait pengadaan fasilitas dan pengecekan kesehatan.(as)

Next Post

230 Ribu Data Pasien Corona di Indonesia Dilaporkan Bocor dan Dijual di Internet

Sab Jun 20 , 2020
Petugas ambulans yang mengenakan pakaian hazmat, tiba di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Kamis (5/3/20). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan JAKARTA, Saorakyat.com—Pemerintah kembali memperbarui data jumlah pasien positif virus corona di Indonesia. Per Jumat (19/6/20), jumlah pasien positif bertambah 1.041 orang, sehingga total kini ada 43.803 terjangkit corona. “Total (pasien positif) […]