Wabah Covid-19, Adu Ide Bagi Pemda dalam Situasi Darurat

Wabah Covid-19, Adu Ide Bagi Pemda dalam Situasi Darurat

Saorakyat.com–Wabah corona virus (covid-19) tak menjadikan kendala bagi pelayanan pemerintahan, terkhusus di daerah. Sejumlah daerah mengeluarkan edaran, baik bagi ASN untuk sementara beraktivitas di rumah, maupun imbauan masyarakat agar melakukan social distance.

Edaran tersebut, sebagai tindak lanjut edaran Presiden RI, Joko Widodo, agar pemerintah daerah mengambil langkah sesuai kondisi wilayah masing-masing. Bagi ASN dapat bekerja dari rumah dengan tetap melayani masyarakat dan menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Dengan demikian, sejumlah pemerintah daerah membentuk satuan tugas (satgas) covid-19 dan merumuskan langkah-langkah kebijakannya. Termasuk strategi agar pelayanan tetap berjalan tanpa harus berkontak langsung dengan banyak orang

Pemkab Luwu Timur misalnya, meluncurkan situs web terkait virus corona (COVID-19), dengan alamat covid19.luwutimurkab.go.id. Melalui website ini, masyarakat dapat memperoleh informasi yang akurat seputar perkembangan dan penanganan virus corona di Luwu Timur

Website ini menyajikan berbagai informasi tentang Covid-19, mulai dari defenisi tentang apa itu covid-19, penyebabnya, cara penularannya, gejalanya, cara penangannya, sampai pada nomor call center yang dapat dihubungi jika terdapat gejala covid-19.

Lengkapnya di sini : ?Pemkab. Luwu Timur Luncurkan website Khusus Tentang Covid19

Layanan Covid-19 Luwu Timur di sini: ?Corona Virus (COVID-19)

“Kami menyadari masyarakat butuh informasi akurat, cepat, dan terpercaya. Untuk itulah mengapa website covid19.luwutimurkab.go.id ini dibuat, agar menjadi sumber informasi resmi buat warga,” jelas Kadis Kominfo Lutim, Masdin.

Sementara, Pemkab Luwu melalui Dinas kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Luwu dalam web resminya mediacenter.luwukab.go.id
juga meluncurkan Aplikasi Zoom Meeting bagi ASN Lingkup Dinas Kominfo.

Menurut Kadis Kominfo Luwu, Anwar Usman dalam keterangannya, Aplikasi Zoom Meeting ini digunakan di Android maupun di PC, tujuannya untuk memudahkan aktivitas rapat secara online dimana saja berada.

Lengkapnya di sini:?Diskominfo Luwu Manfaatkan Aplikasi Zoom Meeting Untuk Memantau Aktifitas ASN

Begini tampilannya:

“Kita memanfaatkan teknologi yang semakin canggih di era ini, Aplikasi Zoom Meeting ini akan kami manfaatkan untuk berkomunikasi sesama ASN lingkup Dinas Kominfo Statistik dan Persandian. Selain itu akan saya manfaatkan pula untuk memantau aktifitas para ASN, dimanapun dia berada”, kata Anwar Usman.

Dari kedua pemerintahan daerah ini, pada prinsipnya untuk memberikan pelayanan prima dengan kreativitas merancang dan memanfaatkan teknologi sebagai langkah strategi dalam melawan wabah covid-19.

Kendati demikian, dari sisi manfaat Pemkab Luwu Timur lebih dari pelayananan menyeluruh bagi masyarakat. Dengan manyajikan informasi terbaru situasi dan edukasi covid-19.

Sementara Pemkab Luwu dalam penggunaan teknologinya hanya dalam lingkup Kominfo Luwu. Padahal masyarakat membutuhkan info valid, dari pemerintah setempat pada situasi seperti ini. Kominfo sebagai perangkat daerah sejatinya punya andil tepat dan cepat dalam menyajikan informasi dan edukasi ke masyarakat.(sr/**)

Next Post

Indah Putri: Virus Corona Jangan Dibawa Bercanda

Kam Mar 19 , 2020
Saorakyat.com–Wabah corona virus (covid-19) tak menjadikan kendala bagi pelayanan pemerintahan, terkhusus di daerah. Sejumlah daerah mengeluarkan edaran, baik bagi ASN untuk sementara beraktivitas di rumah, maupun imbauan masyarakat agar melakukan social distance. Edaran tersebut, sebagai tindak lanjut edaran Presiden RI, Joko Widodo, agar pemerintah daerah mengambil langkah sesuai kondisi wilayah […]