Wajib DiKetahui Tata Cara Rawat Kura-Kura Brazil Dewasa

Anda mungkin ingin mempunyai binatang peliharaan yang unik? Saran kami cobalah merawat kura-kura. Yap, reptil yang satu ini memang memiliki pesona yang lain daripada hewan lainnya. Tidak lain berkat tempurung yang dimilikinya. Di Indonesia juga masih jarang loh orang yang memelihara kura-kura. Tapi Anda tidak perlu khawatir sebab kura-kura sendiri sudah banyak diperjualbelikan di sini. Adapun jenis kura-kura yang paling banyak tersedia di pasaran yaitu kura-kura brazil.

Kura-kura ini terbilang memiliki peminat yang banyak, terbukti jual hewan peliharaan reptil kura-kura saat ini bisa didapat dengan mudah. Bahkan trend jual kura kura darat pun makin diminati oleh banyak pecinta reptil yang satu ini, terbukti salah satu tempat yang menawarkan beragam kura ialah exotic market Indonesia.

Kura-kura brazil termasuk kura-kura yang mudah dirawat. Apalagi jika ukurannya sudah cukup dewasa. Kura-kura brazil dewasa jauh lebih mudah dirawat dibandingkan dengan kura-kura yang masih bayi. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuhnya bagus sekali. Bisa dibilang kalau kura-kura ini sudah tahan banting. Kura-kura tersebut mampu bertahan hidup di kolam atau akuarium tanpa membutuhkan peralatan khusus. Seharusnya Anda tidak akan mengalami kendala dalam memeliharanya.

Panduan memelihara kura-kura brazil dewasa serta merawatnya dengan baik akan kami coba jelaskan secara lengkap sebagai berikut!

Menyiapkan Tempat Tinggal yang Layak

Kami sarankan bagi Anda untuk menyiapkan kolam sebagai tempat memelihara kura-kura ini. Kura-kura brazil ukuran dewasa sebaiknya tidak dipelihara di dalam akuarium. Lebih baik Anda merawatnya di kolam. Desain kolamnya pun harus khusus untuk kura-kura. Berbeda dengan kolam ikan, kolam kura-kura mempunyai wilayah daratan dan wilayah perairan. Perbandingan yang ideal yaitu 1 luas daratan berbanding 3 luas perairan.

READ  Ancaman Mahfud MD Terhadap Paslon Langgar Prokes di Pilkada Bisa Didiskualifikasi

Hal ini dikarenakan kura-kura brazil merupakan kura-kura semi-aquatic yang notabene tinggal di dua alam. Anda tidak boleh meletakkannya hanya di perairan atau daratan saja secara terus-menerus. Kalau dipaksakan, pertumbuhan kura-kura tersebut tidak akan normal terutama di bagian bentuk tempurungnya menjadi bergelombang. Biarkan kura-kura ini hidup seperti di lingkungan alaminya. Tugas Anda hanyalah menyediakan kandang yang layak.

Berikan Makanan yang Bervariasi

Tahukah Anda, kura-kura brazil merupakan binatang omnivora alias pemakan segala. Artinya kura-kura ini mau mengonsumsi daging-dagingan serta tumbuh-tumbuhan, termasuk sayur-mayur dan buah-buahan. Kabar baiknya ialah nafsu makan kura-kura brazil dewasa umumnya cukup tinggi. Anda bisa memberikan makanan yang bervariasi supaya kura-kura ini tidak bosan dan terus lahap mengonsumsi pakannya. Sebab kura-kura yang makannya banyak biasanya akan lebih cepat tumbuh menjadi besar.

Anda bisa memberikan pakan kepada kura-kura brazil berupa sayuran atau daging secara acak. Contoh sayur-sayuran yang disukai oleh kura-kura ini di antaranya kangkung, kubis, caisim, dan genjer. Sedangkan pakan yang berjenis daging-dagingan untuk kura-kura brazil misalnya yaitu ikan, udang, jangkrik, ulat hongkong, cacing beku, sampai daging ayam. Demi kepraktisan, Anda juga boleh menggunakan pelet sebagai pakan utamanya.

Mandikan Kura-kura Lalu Jemur

Sama seperti saat memelihara kucing atau anjing, Anda juga perlu memandikan kura-kura loh. Kura-kura sebaiknya dimandikan minimal setiap 2 hari sekali. Proses mandi kura-kura ini dapat Anda lakukan pada waktu pagi hari sebelum berangkat kerja. Caranya tidak terlalu sulit kok. Anda tinggal membawa kura-kura ini ke kamar mandi. Peganglah kura-kura dari arah belakang supaya Anda tidak digigit olehnya. Oleskan pasta gigi secukupnya ke bagian tempurung si kura-kura. Kemudian Anda bisa menyikatinya sampai bersih, lalu membilasinya dengan air.

READ  Indriyanto Seno Adji Dilaporkan ke Dewas KPK

Selain mandi, kura-kura pun perlu dijemur. Bahkan kalau boleh dibilang menjemur kura-kura termasuk pekerjaan yang wajib dilakukan oleh para penghobi. Hal ini dikarenakan kura-kura brazil sangat membutuhkan sinar matahari untuk mencukupi kebutuhan vitamin D. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya menjemur kura-kura ini setiap hari yaitu pada pagi hari. Letakkan kura-kura ke dalam baskom plastik, lalu taruhlah di tempat terbuka agar bisa mendapatkan pancaran sinar matahari secara langsung. Jemurlah kura-kura selama 30-40 menit.

Bersihkan Kolam Kura-kura

Kolam kura-kura sebenarnya tidak perlu dibersihkan setiap hari. Apalagi kalau Anda sudah memasang filter di kolam tersebut. Kotoran kura-kura biasanya akan mudah disaring oleh filter ini. Namun untuk sisa pakannya sering kali menimbulkan bau yang tidak sedap. Itu sebabnya, kami sarankan Anda tidak memberikan pakan ke kolam. Kura-kura sebaiknya diberi makanan ketika sedang dijemur. Sebagai binatang reptil, porsi pakan kura-kura memang tidak terlalu banyak. Anda pun tak perlu memberinya makanan sepanjang hari.

Dengan pola memelihara seperti ini, kebersihan kolam kura-kura pun bakal lebih terjaga. Khususnya air di kolam tersebut akan senantiasa bersih dan jernih. Anda mungkin bisa membersihkan kolam ini setiap 2-4 minggu sekali tergantung kondisi kolam. Jangan lupa untuk menyikati seluruh sudut kolam saat membersihkannya. Disarankan memakai air rendaman daun ketapang untuk mengisi kembali air ke dalam kolam tersebut.