WHO Naikkan Tingkat Ancaman Corona Covid-19 Jadi ‘Sangat Tinggi’

Yasinta Rahmawati.
Himedik.com
Minggu, 01 Maret 2020 |

  • Masyarakat di atas 65 tahun disarankan untuk menghindari tempat ramai demi pencegahan Covid-19.

Saorakyat.com–Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan pada hari Jumat (29/02) bahwa risiko virus corona baru atau Covid-19 sekarang ‘sangat tinggi’ di seluruh dunia. Seperti diketahui, virus mematikan ini menyebar dengan sangat cepat.

Dilansir dari Daily Mail, dari 195 negara di dunia, setidaknya 53 telah melaporkan kasus virus corona, yang kini telah membuat lebih dari 83.000 orang sakit di seluruh dunia dan menewaskan hampir 2.900 orang.

Pejabat WHO memeringatkan warga global yang berusia di atas 65 tahun atau memiliki kondisi kesehatan yang berisiko terkena Covid-19, untuk menghindari tempat-tempat ramai.

Badan internasional tersebut tidak menyerah untuk mengatasi virus, tetapi sangat prihatin dengan penyebaran infeksi yang cepat seperti Italia, meskipun sistem kesehatannya berkembang dengan baik.

Moody’s Analytics Friday memperkirakan bahwa risiko pandemi coronavirus global kini berlipat ganda, menjadi 40 persen. Namun WHO terus menolak untuk memberi label Covid-19 sebagai pandemi, yakni epidemik penyakit yang menyebar di wilayah yang luas, benua, atau bahkan di seluruh dunia.

Dirjen WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus mengemukakan bahwa peningkatan kasus Covid-19 di luar China telah mendorong sejumlah media dan politisi mendesak pendeklarasian istilah pandemi.

Tapi menurutnya, menggunakan kata pandemi secara sembarangan tidak mendatangkan manfaat nyata, justru akan menimbulkan risiko nyata dalam hal memperbesar ketakutan dan stigma tidak perlu dan tidak bisa dibenarkan, dan melumpuhkan sistem.

Meski demikian, WHO mengatakan bahwa di beberapa tempat mereka mulai mengubah strategi dari penahanan ke mitigasi.

Dengan kata lain, tidak ada gunanya menghentikan penyebarannya di tempat-tempat seperti China. Sekarang saatnya untuk mencoba mengelola serangan infeksi dengan lebih baik lewat memperkuat rumah sakit dan memajukan upaya penelitian untuk vaksin dan perawatan. (redaksi)

Next Post

Peneliti: Kanker Kandung Kemih Dapat Diketahui 10 Tahun Lebih Awal

Sen Mar 2 , 2020
Yasinta Rahmawati. Himedik.com Minggu, 01 Maret 2020 | Masyarakat di atas 65 tahun disarankan untuk menghindari tempat ramai demi pencegahan Covid-19. Saorakyat.com–Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan pada hari Jumat (29/02) bahwa risiko virus corona baru atau Covid-19 sekarang ‘sangat tinggi’ di seluruh dunia. Seperti diketahui, virus mematikan ini menyebar dengan […]