Wilayah Indonesia Alami Fenomena Gerhana Matahari

Fenomena Gerhana Matahari Cincin. Foto: Twitter @infoBMKG

JAKARTA, Saorakyat.comMinggu (21/6/20), masyarakat Indonesia dapat menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC). Meski begitu, LAPAN dan BMKG telah menegaskan bahwa fenomena yang bisa disaksikan di Indonesia hanya Gerhana Matahari Sebagian, bukan Cincin.

Selain itu, tidak semua wilayah di Indonesia yang bisa menyaksikan fenomena langka ini. Hanya beberapa wilayah saja yang akan kebagian fenomena Gerhana Matahari Sebagian hari ini.

Menurut rilis dari BMKG, Gerhana Matahari Sebagian akan dimulai pada siang ini di sejumlah wilayah di Indonesia. Jam dan durasinya bermacam-macam.

Baca Juga: 230 Ribu Data Pasien Corona di Indonesia Dilaporkan Bocor dan Dijual di Internet

Daerah yang paling lama merasakan Gerhana Matahari Sebagian adalah Pulau Sumatra seperti Aceh yang durasinya bisa sampai 2 jam 15 menit, sementara di Kepulauan Riau durasinya bisa sekitar 2 jam 12 menit.
gerhana matahari cincin

Selain itu, beberapa wilayah lain juga akan merasakan Gerhana Matahari Sebagian cukup lama. Misalnya Kepualauan Talaud di Sulawesi Utara yang durasinya bisa mencapai 2 jam 7 menit. Lalu, di Maluku Utara (Kepulauan Sula, Halmahera Selatan) durasinya sekitar 2 jam 1 menit.

Untuk durasi paling cepat akan terjadi di Pulau Jawa. Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, fenomena Gerhana Matahari Sebagian hanya akan berlangsung selama 45-51 menit.
BMKG juga memberikan catatan beberapa wilayah di Indonesia yang tidak akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian, yakni Bengkulu bagian selatan, Lampung bagian selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan beberapa wilayah di Jawa Tengah serta Jawa Timur. (as)

Next Post

Berbuat Asusila, Warga Tanalili Ditangkap Polisi

Ming Jun 21 , 2020
Fenomena Gerhana Matahari Cincin. Foto: Twitter @infoBMKG JAKARTA, Saorakyat.com – Minggu (21/6/20), masyarakat Indonesia dapat menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC). Meski begitu, LAPAN dan BMKG telah menegaskan bahwa fenomena yang bisa disaksikan di Indonesia hanya Gerhana Matahari Sebagian, bukan Cincin. Selain itu, tidak semua wilayah di Indonesia yang bisa […]