Tiga Paslon Pilkada di Sulsel Berlanjut ke MK

Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Foto: net

MAKASSAR, Saorakyat.comDari 12 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada serentak, 9 Desember 2020 di Sulawesi Selatan (Sulsel), tiga daerah berlanjut ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ada beberapa daerah yang mengajukan permohonan gugatan ke MK, sesuai data dari Web MK, ada tiga kabupaten,” kata Komisioner KPU Sulsel, Asram, Senin (21/12/20) melansir SuaraSulsel.id

Tiga pasangan di kabupaten yang mengajukan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) di MK adalah Kabupaten Bulukumba, Pangkajene Kepulauan (Pangkep), dan Kabupaten Barru.

Untuk Pilkada Bulukumba, pasangan nomor urut dua Askar HL-Arum Spink, Kabupaten Pangkep pasangan calon (paslon) nomor urut dua Abdul Rahman Assegaf-Muammar Muhayang, dan Kabupaten Barru, pasangan nomor urut tiga Malkan Amin-Andi Salahuddin Rum.

Gugatan tiga pasangan di kabupaten tersebut diakses pada situs https://www.mkri.id/index.php?page=web.EFormDetail2020&id=4.

Tiga pasangan calon ini diketahui peraih suara terbanyak kedua usai pengumuman rekapitulasi suara tingkat KPU daerah sekaligus penetapan pemenang.

Komisioner KPU Bulukumba Syamsul mengatakan, pihaknya sudah mengetahui gugatan sengketa Pilkada yang diajukan pasang nomor urut dua, Askar-Pipink (Asyik) ke MK.

Dengan begitu, pihaknya tengah mempersiapkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan materi gugatan.

“Iya benar, sudah diketahui tapi belum ada surat secara resmi ke kami. Saat ini telah disiapkan materi pembandingnya serta hal-hal yang berkaitan dengan materi penggugat,” papar dia.

Sementara Ketua KPU Pangkep, Burhan saat dihubungi terpisah mengatakan pihaknya belum mengetahui secara pasti ada gugatan resmi. Kendati sudah teregister permohonan sengketa di website MK.

“Kalau surat dari MK terkait gugatan sengketa atau bebas sengketa sampai saat ini belum ada. Kami masih menunggu ini, mungkin beberapa hari kedepan sudah ada. Belum ada secara resmi dari MK,” ujar dia.

Namun bilamana nantinya ada pemberitahuan secara resmi atas gugatan sengketa pemilu yang diajukan pasangan calon dan disetujui MK, pihaknya sudah siap untuk itu.

“Tentu kami sampai hari ini tengah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk dokumen-dokumen materi yang akan digugat oleh penggugat nanti di MK,” tegasnya (sr/*)

Next Post

Prabowo-Sandi Pernah Lawan Jokowi, Kini Jadi Kawan

Sel Des 22 , 2020
Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Foto: net MAKASSAR, Saorakyat.com—Dari 12 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada serentak, 9 Desember 2020 di Sulawesi Selatan (Sulsel), tiga daerah berlanjut ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Ada beberapa daerah yang mengajukan permohonan gugatan ke MK, sesuai data dari Web MK, ada tiga kabupaten,” kata Komisioner KPU Sulsel, Asram, […]
Animated Social Media Icons by Acurax Responsive Web Designing Company
Visit Us On FacebookVisit Us On PinterestVisit Us On InstagramVisit Us On YoutubeVisit Us On TwitterVisit Us On LinkedinCheck Our Feed