Prabowo-Sandi Pernah Lawan Jokowi, Kini Jadi Kawan

Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan Virtual WEF Mengenai Indonesia dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Foto: Foto: Muchlis Jr .–Biro Pers Sekretariat Presiden–

JAKARTA, SaoRakyat.comPresiden Jokowi akhirnya mengumumkan 6 menteri baru di Kabinet Indonesia Maju (KIM), dalam konferensi pers yang digelar secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta Selasa (22/12/20)

Dengan begutu, kini di era kedua pemerintahan Jokowi sejarah tercatat, pernah jadi lawan kini jadi kawan.

Jokowi menunjuk Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Dengan masuknya Sandi menjadi menteri, maka ‘perwakilan’ Gerindra di kabinet tetap dua bersama Menhan Prabowo Subianto.

Sebelumnya, salah satu wakil Gerindra di kabinet, Edhy Prabowo, harus mundur karena terseret kasus dugaan suap ekspor benur.

Wakil Gerindra di kabinet cukup menarik, mengingat Prabowo-Sandi merupakan lawan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 lalu. Di Pilpres 2019, Jokowi-Ma’ruf mengalahkan Prabowo-Sandi.

Jokowi-Ma’ruf menang dengan meraih 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Sementara Prabowo-Sandi meraih 68.650.239 suara atau 44,50 persen. Saat itu, Prabowo-Sandi sampai menggugat hasil Pilpres ke MK karena tudingan kecurangan.

Masuknya Prabowo-Sandi merupakan sejarah baru. Sebab, dalam konteks pemilu presiden langsung digelar di Indonesia, belum pernah ada capres maupun cawapres yang kalah kemudian menjadi menteri saat lawannya membentuk pemerintahan.

Saat SBY menang pemilu langsung dua periode, tak ada satu pun lawannya yang masuk menjadi menteri saat SBY membentuk kabinet. Di Pilpres 2004, saat itu SBY-JK melawan Megawati-Hasyim Muzadi di putaran kedua. Begitu SBY-JK menang, Megawati bersama PDIP memilih menjadi oposisi.

Begitu pula di Pilpres 2009, saat itu SBY bersama Boediono menang melawan JK-Wiranto dan Megawati-Prabowo. Tak ada satu pun lawan SBY yang masuk menjadi menteri di kabinetnya.

Di Pilpres 2014, Jokowi-JK menang melawan Prabowo-Hatta Rajasa. Setelah Jokowi menang, Prabowo dan Hatta tak ada yang masuk menjadi anggota kabinet.

Jokowi Umumkan 6 Menteri Baru:

Seperti biasa, Jokowi memperkenalkan mereka satu per satu ke hadapan publik. Berikut daftar 6 menteri baru Kabinet Indonesia Maju:

  • Menteri Sosial > Tri Rismaharini
  • Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif > Sandiaga Salahudin Uno
  • Menteri Kesehatan > Budi Gunadi Sadikin
  • Menteri Agama > Yaqut Cholil Qoumas
  • Menteri Kelautan dan Perikanan > Sakti Wahyu Trenggono
  • Menteri Perdagangan > Muhammad Lutfi

Jokowi mengatakan keenam menteri baru ini akan dilantik besok di Istana Negara.

“Saya rasa itu perkenalan yang bisa saya sampaikan sore hari ini, dan pelantikan akan dilaksanakan insyaallah besok pagi,” kata Jokowi.(sr/*)

Sumber: Kumparan.com

Next Post

Presiden Jokowi Lantik 6 Menteri dan 5 Wamen

Rab Des 23 , 2020
Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan Virtual WEF Mengenai Indonesia dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Foto: Foto: Muchlis Jr .–Biro Pers Sekretariat Presiden– JAKARTA, SaoRakyat.com—Presiden Jokowi akhirnya mengumumkan 6 menteri baru di Kabinet Indonesia Maju (KIM), dalam konferensi pers yang digelar secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta Selasa (22/12/20) Dengan begutu, […]
Animated Social Media Icons by Acurax Responsive Web Designing Company
Visit Us On FacebookVisit Us On PinterestVisit Us On InstagramVisit Us On YoutubeVisit Us On TwitterVisit Us On LinkedinCheck Our Feed