Mengenal Upacara Peringatan Bom Atom di Hiroshima Memorial Park

SAORAKYAT.COM – Hiroshima Peace Memorial Ceremony ialah sesuatu kegiatan yang terletak di Peace Memorial Park di Hiroshima guna mengenang segala korban keganasan bom atom. Kegiatan penuh khidmat ini pula mendeklarasikan perdamaian dunia.

Akibat insiden seram tersebut, banyak sekali orang yang kehabisan keluarga serta kerabatnya. Salah satu peristiwa yang tidak terlupakan kala Perang Dunia 2 yakni pengeboman Sekutu. Pada bertepatan pada 6 Agustus 1945 silam, pihak Sekutu menjatuhkan bom atom di 2 kota besar Jepang, salah satunya yakni Hiroshima.

Setelah itu, jantung kota Hiroshima dijadikan pusat peringatan perdamaian. Terdapat sebagian objek serta monumen yang dijadikan selaku simbol perdamaian tersebut. Tidak hanya itu, terdapat pula upacara peringatan yang diadakan tiap tahun. Berikut merupakan pembahasan lengkapnya.

Kabar Lengkap Hiroshima Peace Memorial Ceremony

Upacara Peringatan Perdamaian Hiroshima diselenggarakan pada 6 Agustus 1947, ataupun 2 tahun pasca pengeboman itu terjalin. Upacara tersebut pula dihadiri paling tidak 50 ribu lebih warga.

Orang- orang tersebut merupakan wisatawan lokal, masyarakat dekat, serta duta besar dan pejabat dari lebih dari 70 negeri di dunia. Seluruhnya berkumpul di taman guna mengenang arwah segala korban yang tewas sebab bom atom.

Baik korban yang tewas kala tumbangnya bom atom di hari pengeboman ataupun bulan- bulan berikutnya, serta pula pada korban- korban yang masih mengidap hingga saat ini sebab dampak bom atom. Masing- masing orang yang tiba hingga masyarakat kota apalagi tidak sanggup menahan air mata sebab teringat kengerian nuklir.

Sederet Kegiatan Hiroshima Peace Memorial Ceremony

  • Pembukaan

Kegiatan peringatan ini diawali dengan pembukaan walikota Hiroshima. Tidak cuma walikota saja, terdapat pula perwakilan pihak keluarga yang ditinggalkan ikut membacakan nama- nama korban yang tewas.

READ  Tiga Personil Bhabinkamtimbas Palopo Menerima Reward

Setelah itu dilanjutkan dengan berikan penghormatan pada korban. Penghormatan tersebut diwakilkan secara simbolis lewat karangan bunga yang ditempatkan di Cenopath, ialah monumen yang dipakai guna mengenang korban yang tidak dapat diidentifikasi.

  • Doa Khidmat

Pada jam 08. 15 pagi masing- masing 6 Agustus kala upacara dilangsungkan, lonceng hendak dibunyikan di banyak kuil yang berdiri di kota. Jam 08. 15 sendiri merupakan waktu dikala bom atom jatuh di kota Hiroshima.

  • Deklarasi Perdamaian

Sehabis doa di Hiroshima Peace Memorial Ceremony, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyampaian deklarasi perdamaian. Isinya sendiri yakni statment buat menghapus konsumsi senjata nuklir. Pada deklarasi itu pula diperuntukan biar diwujudkannya perdamaian dunia.

Statment ini dibacakan langsung oleh walikota dan ditransmisikan di penjuru dunia. Kemudian, deklarasi itu ditutup lewat pelepasan burung merpati yang dijadikan simbol komitmen dan perdamaian dunia.

  • Komitmen Perdamaian

Kemudian kegiatan ini dilanjutkan lewat komitmen perdamaian walikota Hiroshima, serta diteruskan mengutarakan pesan‘ Tamu Terhormat’. Nah, tamu ini dapat berasal dari mana saja. Pada 2021, salah satu tamu ini yakni dari siswa Sekolah Bawah. Di upacara ini segala golongan dapat mengutarakan pesan perdamaian mereka ke dunia.

  • Penutup

Saat sebelum upacara peringatan ini ditutup, dikumandangan Lagu Perdamaian Hiroshima dari seluruh penjuru taman. Lagu tersebut berisikan pesan damai dan mengenang segala korban dari keganasan bom atom. Setelah itu sehabis lagu ini berakhir dinyanyikan, upacara ditutup dengan khusyuk.

Upacara ini tidak cuma diselenggarakan dikala pagi hari. Penutupuan yang sesungguhnya diadakan pada malam di bertepatan pada yang seragam. Siapa saja dapat berpartisipasi serta diperbolehkan menuliskan pesan perdamaian ke suatu lentera yang ditempatkan dibawah Sungai Motoyasu.

READ  Ini Tujuan Buka Puasa Bersama Menurut Kapolres Palopo

Bersama puluhan ribu lentera itu tertulis banyak pesan perdamaian dari orang- orang yang tiba. Tidak cuma warga lokal, tetapi terdapat pula orang- orang dari bermacam wilayah se- Jepang ataupun apalagi dari luar negara. (*/dirman)