Parkir Angdes Semrawut, Dishub Programkan Bangun Terminal Tipe C

Kantor Pemerintah Kabupaten Luwu. –Foto: Dok. Saorakyat.com–

BELOPA, SOARAKYAT.COM— Tahun 2021 ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Luwu programkan pembangunan terminal tipe C dengan menggunakan dana APBD.

Rencana pembangunan terminal yang berlokasi tepatnya samping Pasar Belopa itu, sebagai bentuk menyikapi kesemrawutan angkutan umum, khususnya angkutan pedesaan (angdes). Bahkan, marak terjadi terminal bayangan pada titii-titik keramaian di seputaran ibukota.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu, Supriadi mengatakan, adanya terminal nantinya, diharapkan angkutan pedesaan dapat tertata dengan baik. Dengan demikian masyarakat pengguna transportasi dapat dengan mudah mendapatkan. Begitupun dengan pengusaha transportasi dapat mencari penumpang dengan tepat.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu, Supriadi. Foto: Adi/Saorakyat.com

“Pembangunan terminal memang menjadi prioritas program saya sejak masih menjabat Kabid Darat beberapa tahun silam,” jelas Supriadi.

Disebutkan, terminal yang direncanakan dibangun adalah tipe C. Terminal ini menggunakan anggaran APBD. Dengan demikian, mulai dari pengelolahan sampai pengguna semua oleh daerah.

“Jadi beda pengelolaannya dengan terminal tipa A dan B,” sebutnya.

Ia menjelaskan, Tipe A adalah terimanal yang anggarannya dari pusat dani dikelolah langsung oleh pusat. Begitupun dengan tipe B, menggunakan anggaran provinsi dan dikelolah oleh provinsi.

“Untuk meningkatkan lapangan kerja, maka pilihannya adalah tipe C. sebab, pengelolahan adalah pemda. Tentu, rertribusinya masuk APBD kabupaten,” tandas Supriadi.

Dirinya juga selama ini resah dengan banyaknya terminal bayangan. Kendati demikian, tidak ada pilihan lain. Sebab terminal representatif untuk angkutan umum tidak ada.

Disinggung dengan anggaran pembangunan terminal itu, Supriadi masih enggan menyebut karena masih dalam tahap perencanaan.

“Kita pahamlah saat ini dengan adanya Covid-19, mengakibatkan adanya sejumlah pemangkasan anggaran. Kita berharap, untuk pembangunan terminal tidak adalagi pemangkasan anggaran,” harapnya (adi/jep)

READ  154 Offroader Ikuti JAL I