Ormas Islam dan PA 212 Unjuk Rasa Tuntut Yaqut Cholil Mundur dari Menag

Aksi PA 212 Tuntut Yaqut Cholil Qoumas mundur dari Jabatan Mentri Agama RI. foto: -Isitmewa-

JAKARTA, Saorakyat.com – Persaudaraan Alumni atau PA 212 dan sejumlah organisasi masyarakat Islam lainnya akan menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Jakarta Pusat, Jumat (4/3/2022) sekitar pukul 13.00 WIB.

Dalam seruannya, mereka menuntut pihak kepolisian memenjarakan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Selain itu, Yaqut juga didesak untuk mundur dari jabatan Menag buntut pernyataannya yang membandingkan suara azan dengan gonggongan anjing.

“Penjarakan penoda agama! Mundur dari Menag! Bersabarlah!,” tulisnya.

Mengantisipasi segala kemungkinan, sebanyak 2.756 pasukan gabungan dari TNI-Polri dikerahkan untuk pengamanan aksi demonstrasi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, dari 2.756 personel tiga satuan setingkat kompi/SSK di antaranya personel TNI.

Baca juga: Gadis 14 Tahun Dicabuli Ayahnya di Luwu Utara

“Polda Metro Jaya sudah mengantisipasi untuk kegiatan hari ini dengan melibatkan personel pengamanan sebanyak 2.756. Termasuk dari unsur TNI juga ada tiga SSK yang akan kami libatkan,” kata Zulpan di Mapolda Metro Jaya.

Zulpan juga mengimbau kepada massa aksi unjuk rasa untuk mentaati protokol kesehatan. Mengingat kekinian masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Patuhi prokes jangan sampai menimbulkan nanti gangguan kesehatan bagi masyarakat,” ujarnya.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, rekayasa lalu lintas akan diterapkan menyesuaikan kondisi di lapangan. Terutama apabila jumlah massa aksi yang datang besar atau banyak.

“Situasional melihat perkembangan di lapangan,” ungkap Sambodo.(*)

READ  Uji PCR 123.572 Orang di Tanah Air, Sulsel Sembuh 288 Orang