Perjalanan Dinas ASN Melonjak Dua Kali Lipat Mencapai Rp400 Miliar dalam Sebulan

Illustrasi ASN (net)

JAKARTA, Saorakyat.com–Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan terjadi peningkatan perjalanan dinas (perdin) yang sangat signifikan pada periode Januari 2022.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan pada bulan lalu realisasi perdin mencapai Rp400 miliar. Catatan tersebut melonjak dua kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp200 miliar.

“Ada pertumbuhan perjalanan dinas sebesar 69 persen. Ini karena pada Januari kemarin situasi COVID-19 relatif sangat rendah sehingga banyak dari kementerian dan lembaga yang melakukan kegiatan dinas,” ujarnya ketika menggelar konferensi pers APBN Kita melalui saluran daring, Selasa, (23/2/2022)

BACA JUGA: Menyoal Konflik Agraria, Komnas HAM Ingatkan Gubernur Sulteng Agar Utamakan Hak Hidup Masyarakat

Realisasi perdin tersebut lanjut Sri Mulayani, merupakan bagian dari belanja barang pemerintah pusat yang diketahui sudah menyentuh angka Rp3,3 triliun atau sekitar 0,97 persen dari pagu APBN 2022. Adapun, belanja barang pada periode Januari 2021 disebutkan sebesar Rp3,5 triliun.

“Realisasi belanja barang awal tahun ini sedikit lebih rendah utamanya dari kegiatan pemeliharaan dan belanja BLU (Badan Layanan Umum),” ujarnya.

Sementara, beberapa kementerian/lembaga yang membukukan peningkatan belanja barang antara lain Kementerian Pertahanan dengan realisasi Rp800 miliar (naik 54 persen), Polri Rp630 miliar (naik 3,4 persen), Kementerian Pendidikan Rp60 miliar (naik 20,6 persen), serta Kementerian Keuangan yang sebesar Rp20 miliar (naik 96 persen).

“Kemenham dan Polri naik, karena harus meningkatkan kemampuan sarana dan prasarana serta keamanan. Untuk Kemenkeu sendiri digunakan untuk membayar asuransi barang milik negara (BMN) di awal tahun,” tutup Sri Mulyani.(sr/*)

READ  KPK Ungkap Lima Daerah Tertinggi Kasus ASN Tak Netral dalam Pilkada