Unjuk Rasa HMI di Mamuju Diwarnai Bentrok dengan Polisi

Unjuk rasa kader HMI Cabang Manakarra di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (9/4/2021). Foto: Dok. Istimewa

SULBAR, Saorakyat.com–Unjuk rasa puluhan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manakarra diwarnai bentrok dengan aparat kepolisian. Unjuk rasa tersebut berlangsung di simpang empat Jalan Achmad Kirang-Jalan AP Pettarani, Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (9/4/2021).

Ketua Umum HMI Manakarra, Sopliandi, mengatakan, unjuk rasa tersebut sebagai tuntutan atas dugaan ketidakadilan terhadap kader HMI di Polewali Mandar (Polman) pascabentrok antarmahasiswa yang terjadi di kampus Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) pada Sabtu (20/2/2021) lalu.

“Salah satu kader HMI Cabang Polman jadi tersangka atas bentrokan antara mahasiswa di kampus Unasman saat kegiatan Latihan Kepemimpinan atau LK II HMI Cabang Polman,” ujar Sopliandi melansir Sulbar Kini.

Bentrokan antara polisi dan pengunjuk rasa dipicu saat polisi hendak mematikan kobaran api pada ban yang diduga sengaja dibakar pengunjuk rasa di tengan jalan.
Sejumlah kader HMI pun memprotes hingga memicu terjadi saling dorong hingga kejar-kejaran dengan polisi.

Kapolresta Mamuju, Kombes Pol Iskandar, berusaha meredakan emosi mahasiswa dan anggota Polresta Mamuju yang bentrok dan saling kejar-kejaran di jalan.

“Saya minta anggota dan massa aksi jangan terprovokasi,” ujar Iskandar berusaha menenangkan dua belah pihak.(sr)

[Sumber: SULBAR KINI]
READ  Grafik Covid-19 di Indonesia Mencapai 1.986, untuk Sulsel Sudah 86 Positif